iklan zonasultra

2020, Bupati Target Ada Aktivitas Perkuliahan di Politeknik Negeri Kolaka

Bupati Kolaka, Ahmad Safei
Ahmad Safei

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Bupati Kolaka Ahmad Safei menargetkan pada 2020 mendatang sudah ada proses perkuliahan di Politeknik Negeri di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri seminar akhir feasibility study (uji kelayakan) pembangunan kampus Politeknik Negeri Kolaka, kerjasama Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Kolaka dengan Politeknik Negeri Ujung Pandang, di Aula SMS Berjaya Kantor Pemda Kolaka, Selasa (3/12/2019).

Disinggung soal sarana dan prasarana, bupati dua periode ini menuturkan bila pihaknya menyediakan dua lokasi yang bisa menjadi tempat perkuliahan sementara bagi mahasiswa yaitu di Gedung SKB, Jalan Merdeka dan bekas gedung STIKES di Kelurahan 19 November, Wundulako.

iklan zonasultra

“Mau namanya apa saja, yang pasti 2020 sudah ada yang kuliah di Kolaka,” tegasnya.

Dikatakan Safei, pembangunan gedung kampus Politeknik Negeri Kolaka nantinya masih harus menunggu keputusan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, terkait lokasi usulan yang disetujui dengan luas lahan yang dipersyaratkan.

Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang, Muhammad Anshar menambahkan pihaknya telah menyiapkan semua persyaratan dalam bentuk proposal guna mewujudkan keinginan Pemkab Kolaka mendirikan politeknik negeri.

Sebutnya, kelengkapan administrasi telah dipersiapkan, tinggal mengajukan ke pihak Kemenristekdikti. Ia optimistis 2020 nanti politeknik negeri ini mulai bisa membuka penerimaan mahasiswa baru.

Sebab, melihat dukungan dan tekad pemerintah daerah yang sangat kuat untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan kemampuan berdaya saing tinggi. Di antaranya, menyiapkan lahan pembangunan gedung perkuliahan, sarana prasarananya, termasuk tenaga pengajarnya.

“Harapan kita, tahun 2021 politeknik negeri ini sudah bisa mandiri secara lembaga dan tenaga pengajar. Hanya saja sementara masih di bawah Politeknik Negeri Ujung Pandang,” tambahnya

Sebagai langkah awal, kampus ilmu terapan ini mengusulkan lima program studi yaitu Teknik Mesin, Teknik Kimia Industri, Teknik Komputer dan Jaringan, Perawatan Alat Berat, dan Akuntansi. Sedang, tenaga pengajarnya sementara menggunakan jasa tenaga pengajar kampus politeknik negeri di Makassar tersebut. (a)


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib