iklan zonasultra

2020, Terminal Tipe B akan Dibangun di Mubar

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Mubar, La Ode Hanafi
La Ode Hanafi

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan membangun terminal Tipe B Tahun 2020 di dekat Tugu Lagadi, Desa Sawerigadi, Kecamatan Barangka, Kabupaten Muna Barat (Mubar).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Mubar, La Ode Ali Hanafi di kantornya, Rabu (19/2/2020) menjelaskan bahwa pembangunan terminal tipe B ini sudah dianggarkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra melalui Dishub Sultra.

“Tahun 2020 ini, terminal tipe B akan dibangun di dekat Tugu Lagadi. Jadi, insyaallah tahun 2021 kita (Mubar) sudah bisa fungsikan terminal ini,” kata La Ode Hanafi.

Dia mengatakan, terminal tipe B di Mubar ini nantinya akan melayani trayek angkutan kota dalam Provinsi Sultra. Untuk pembangunan terminal tipe B ini, pihaknya belum bisa memastikan kapan akan mulai dibangun, sebab secara teknis Dishub Sultra yang mengetahuinya.

(Baca Juga : 50 Unit Rumah Transmigrasi Akan Dibangun di Desa Momuntu Mubar)

“Jadi beban anggarannya di APBD Pemprov Sultra. Karena terminal tipe B ini adalah kewenangan dari pemerintah provinsi,” ungkapnya.

Dia berharap dengan dibangunnya terminal tipe B ini, maka penataan transportasi angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dapat lebih teratur dan terarah. Pemprov Sultra telah merancang di setiap kabupaten/kota ada terminal tipe B ini, yang dibangun sebagai penyangga angkutan.

“Terminal tipe B di Tugu Lagadi ini, akan menjadi terminal transit. Jadi, bukan hanya melayani penumpang yang di Mubar, tetapi juga akan melayani penumpang yang akan menuju ke Muna Selatan dan Buton Tengah, yang penumpangnya dari Kendari,” jelasnya. (b)

 


Kontributor : Kasman
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib