2022, IAIN Kendari Siap Beralih Status Jadi UIN

835
Rektor IAIN Kendari Nur Alim
Nur Alim

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Untuk memaksimalkan peran IAIN Kendari sebagai perguruan tinggi (PT) yang kokoh dan maju di masa mendatang, pihak kampus ini kembali optimis akan beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Kendari pada 2022 mendatang.

Rektor IAIN Kendari Nur Alim menerangkan, saat ini IAIN Kendari terus berupaya menjadi perguruan tinggi yang maju, modern, dan populer berdasarkan nilai – nilai spiritual, akademik, dan nilai kebangsaan. Seluruh potensi yang dimiliki kampus ini terus digerakkan secara optimal dan berkelanjutan, diantaranya mendorong prestasi maupun reputasi di tingkat nasional dan internasional, dari civitas akademika baik di kalangan dosen maupun mahasiswa, khususnya kegiatan akademik.

“Untuk mencapai apa yang diinginkan ke depan tentu perlu adanya upaya-upaya atau ikhtiar. Seperti, kita menargetkan pada tahun 2020 mendatang program studi yang saat ini telah mendapat akreditasi B bisa memperoleh nilai A dan yang nilai C akan jadi B,” kata Nur Alim, Senin (30/4/2018).

Lanjutnya, sarana dan prasarana pun terus ditingkatkan, seperti adanya laboratorium hingga ruang perpustakaan. Pihaknya pun akan mengajukan kepada pemerintah pusat agar dalam pengelolaan keuangan IAIN Kendari sudah bisa menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

Adapun pengembangan SDM, lanjutnya, terkait dosen harus diakui bahwa dosen adalah faktor kunci dari sebuah perguruan tinggi. Jumlah dosen tetap yang dimiliki IAIN Kendari saat ini ialah 139 orang. Sementara guru besar satu orang yang baru saja dilantik pada milad ke-51 tahun ini.

“Tahun 2018 ini, kita juga mendapat bantuan dana penelitian melalui DIPA sebesar Rp1,6 miliar, angka tersebut meningkat ketimbang tahun sebelumnya yang hanya Rp769 juta, dan delapan jurnal telah diterbitkan,” tutur Nur Alim.

Terkait pengabdian masyarakat, lanjut dia, IAIN Kendari telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pemerintahan setempat, juga pada 2017 lalu bekerjasama dengan BKKBN Sultra dalam rangka melaksanakan KKN tematik di Kabupaten Kolaka Timur. Di mana, peserta KKN melakukan pelatihan, penyuluhan, bimbingan, sosialisasi, dan pemberdayaan.

“Perlu diketahui pula, bahwa 14 mahasiswa IAIN Kendari telah mengikuti kompetisi, baik nasional dan internasional. Di Internasional ada empat orang di bidang penalaran dan ilmuan, di tingkat nasional ada enam orang, dan pada level provinsi jumlahnya lebih banyak lagi,” terang dia.

Untuk itu ia berharap prestasi yang sudah diraih bisa lebih dikembangkan lagi ke depan. Tidak itu saja, peminat IAIN Kendari semakin hari semakin meningkat. Adapun jumlah mahasiswa yang terdaftar ialah 4.300, dan yang terigistrasi pada semester berjalan ialah 3.430 orang. (B)

 


Reporter: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini