iklan zonasultra

25 Ibu Rumah Tangga di Konawe Berlatih Cara Menjahit

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Sebanyak 25 orang ibu rumah tangga (IRT) di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai berlatih cara menjahit di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Fatimah Konawe, Selasa (13/8/2019). Selama tiga bulan ke depan mereka akan dilatih di LKP itu yang merupakan mitra kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe.

Kepala Dinas Dikbud Konawe, Suriyadin menjelaskan, Dikbud Konawe bersama LKP Fatimah telah berhasil melahirkan puluhan penjahit yang mayoritas telah mendirikan usaha sendiri dan tersebar di hampir semua wilayah di Sultra. Kata dia, peserta yang telah selesai melaksanakan kursus di LKP Fatima ini dibekali dengan sertifikat kompetensi dan memiliki kemampuan yang baik.

“LKP Fatimah ini merupakan satu-satunya Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Kabupaten Konawe. Ada banyak penjahit di Konawe, tapi yang memiliki sertifikat kompetensi hanya sedikit,” ujar Suriyadin usai membuka kegiatan pelatihan.

iklan zonasultra

Suriyadin mengaku keberadaan LKP Fatimah sangat membantu upaya pemerintah daerah (pemda) untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat. Di sisi lain, alumni LKP Fatimah juga dapat membuka lapangan kerja baru ketika membuka usaha menjahit.

Sementara itu, penyelenggara kegiatan Sitti Fatimah mengaku kegiatan kursus pendidikan kewirausahaan program tata busana di LKP Fatimah merupakan kerja sama antar lembaga kursus dan pelatihan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Selain sertifikat, para peserta ini juga kita berikan modal usaha. Pelatihannya akan dilaksanakan selama tiga bulan, tetapi masuknya tidak setiap hari,” ujar Fatimah. (B)

 


Kontributor : Restu Tebara
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib