iklan zonasultra

3.000 Orang Bakal Bertugas di Sensus Penduduk 2020 Sultra

Ilustrasi sensus penduduk

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Lebih dari 3.000 orang bakal ambil bagian dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala BPS Sultra, Moh Edy Mahmud mengatakan, ribuan petugas tersebut nantinya akan tersebar di 17 kabupaten/kota di Sultra.

“Lebih dari 3.000 orang termasuk dengan pegawai BPS Sultra akan kita kerahkan. Kita juga berusaha melibatkan mitra-mitra kami di pelosok desa dan kelurahan, sebab mereka pasti lebih paham kondisi wilayah masing-masing,” jelas Edy Mahmud dalam acara rapat koordinasi sensus penduduk tahun 2020 di salah satu hotel di Kendari, Senin (16/12/2019).

Edy juga menjelaskan bahwa pada sensus kali ini akan berlangsung dua metode, yakni metode online dan metode kombinasi. Tahap pertama sensus penduduk yakni menggunakan metode online yang akan dimulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020, lalu metode kombinasi yang dimulai Juli 2020.

“Kalau online, penduduk bisa berpartisipasi langsung, buka www.sensus.bps.id, dan akan mengisi kuisioner yang telah tersedia,” kata Edy.

(Baca Juga : Sensus Penduduk 2020, BPS Terapkan Sistem Online)

Sedangkan bagi warga yang tidak melakukan partisipasi langsung melalui metode online, akan didatangi rumahnya oleh petugas sensus untuk didata secara manual.

Sensus menggunakan metode kombinasi yakni pengumpulan data kependudukan dengan memanfaatkan data yang sudah ada untuk dijadikan sebagai basis dan akan dilengkapi dengan sampel survei.

“Data dasarnya dari dinas kependudukan dan catatan sipil dari 17 kabupaten kota di Sultra,” jelasnya.

Terakhir, ia berharap sensus yang dilaksanakan 10 tahun sekali ini dapat menghasilkan data yang lebih lengkap dan rapi. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib