iklan zonasultra

30 Alumni FPPP USN Kolaka Dampingi Petani di Sultra, Ini Pesan Azhari

30 Alumni FPPP USN Kolaka Dampingi Petani di Sultra, Ini Pesan Azhari
USN - Rektor USN Kolaka Azhari secara simbolis menyematkan jaket Almamater kepada alumni FPPP yang akan bertugas sebagai pendamping pada kegiatan PPSDMP di Sultra. Penyematan jaket itu dilakukan pada acara pelepasan para alumni itu di Gedung Fakultas Pertanian, Kampus Baru USN Kolaka, Desa Popalia Kecamatan Tanggetada, kabupaten Kolaka, Selasa (3/10/2017). (Istimewa)

30 Alumni FPPP USN Kolaka Dampingi Petani di Sultra, Ini Pesan Azhari USN – Rektor USN Kolaka Azhari secara simbolis menyematkan jaket Almamater kepada alumni FPPP yang akan bertugas sebagai pendamping pada kegiatan PPSDMP di Sultra. Penyematan jaket itu dilakukan pada acara pelepasan para alumni itu di Gedung Fakultas Pertanian, Kampus Baru USN Kolaka, Desa Popalia Kecamatan Tanggetada, kabupaten Kolaka, Selasa (3/10/2017). (Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sebanyak 30 orang alumni mahasiswa Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (FPPP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka diterima dalam seleksi tenaga pendamping pada kegiatan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (PPSDMP) di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini.

Para sarjana Strata Satu (S1) itu selanjut akan melaksanakan kegiatan pendampingan bersama dosen pembimbing FPPP selama kurang lebih 2 (dua) bulan mulai Oktober-November 2017 ini.

Saat melepas 30 alumni mahasiswanya itu, rektor USN Kolaka Azhari menyampaikan tiga hal. Pertama ia sangat berterima kasih atas upaya yang telah dilakukan oleh FPPP USN atas upayanya mendorong percepatan para alumninya untuk mendapatkan pekerjaan dari Kementerian Pertanian.

Kedua, Azhari berharap, program pendampingan itu sekaligus dapat menjadi wadah sosialisasi gratis tentang kelembagaan atau fakultas yang ada di USN. Sehingga, kehadiran para alumni di desa dampingannya nanti bisa menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di kampus merah maron itu.

Rektor termuda di Indonesia itu juga berpesan agar peluang dan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. Hasilnya pun sebagai contoh, sertifikat pendampingan tentu akan sangat berguna untuk kredit poin para alumnus dalam mencari pekerjaan baru.

Dan yang terpenting, para alumni mahasiswa dapat berbuat yang terbaik saat berada di lapangan nanti. Hal itu dibuktikan dengan prestasi kerja yang berkualitas.

“Saya sangat berharap, tunjukkanlah sikap yang baik, pendekatan yang baik karena itu akan memudahkan. Bagaimana menyesuaikan diri dan berbaur dengan masyarakat, pendekatan-pendekatan kultur atau budaya perlu kita salami dan mengikuti kebiasaan-kebiasaan yang ada di masyarakat. Asalkan jangan melanggar keyakinan kita, “ pinta Azhari saat melepas para Alumninya itu di Gedung Fakultas Pertanian, Kampus Baru USN Kolaka, Desa Popalia Kecamatan Tanggetada, kabupaten Kolaka, Selasa (3/10/2017).

“Ya, ibarat seperti botol air mineral. Jika botol tersebut isinya air, maka seperti itu juga nilainya. Jika isinya emas, maka nilainya pun tentu akan lebih tinggi lagi. Demikian halnya, jika diisi dengan air comberan, maka akan terbuang di comberan pula. Demikian dengan hidup kita, jika diisi dengan hal kebaikan tentu membawa kebaikan. Begitu pula sebaliknya,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Pendampingan/Pengawalan Pertanian USN Kolaka Marlina Mustapa menyampaikan, berdasarkan seleksi jumlah pendaftar sebanyak 58 orang, dan 30 orang yang telah lulus seleksi dan diterima.

Para alumni mahasiswa pertanian itu nantinya akan disebar di Kabupaten Bombana, Kolaka, Kolaka Timur, dan Kolaka Utara. Adapun komoditas yang didampingi, untuk komoditi kakao melini pada empat wilayah sasaran tersebut, sedangkan komoditi kedelai pada wilayah Kolaka, dan komoditi cabe pada wilayah Kolaka Timur.

“Dosen pendamping, masing-masing untuk Kabupaten Kolaka Timur dan Kabupaten Kolaka – Musadia Arfa, Kabupaten Bombana – Yolanda Syahrir, dan Kabupaten Kolaka Utara – Muh Obi Kasmin dan Nursalam. Untuk USN Kolaka, wilayah Koordinasi adalah Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan sekaligus sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam kegiatan ini, “ papar Marlina

Wakil Dekan II FPPP USN Kolaka ini menambahkan, kegiatan pendampingan itu melibatkan 40 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia. Salah satunya adalah USN Kolaka. (*)

 

Penulis: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib