iklan zonasultra

32 Bangunan Pasar di Buton Hanya 12 yang Berfungsi

Kepala bidang (Kabid) Distribusi dan Pengembangan Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Buton Halidin
Halidin

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Sedikitnya ada 32 bangunan pasar di Buton yang tersebar di tujuh kecamatan. Hal itu berdasarkan data Dinas Perdagangan Kabupaten Buton jumlah pasar swadaya dan pasar Pemerintah daerah (Pemda).

Kepala Dinas Perdagangan Buton Mustamlin melalui Kepala Bidang (Kabid) Distribusi dan Pengembangan Perdagangan Buton Halidin mengatakan, dari 32 bangun pasar yang tersebar di Buton hanya 12 bangunan pasar yang difungsikan.

“Jadi bangunan pasar yang tidak difungsikan berjumlah 20 buah,”kata Halidin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/5/2018).

Untuk bangunan pasar yang belum difungsikan ini memiliki kendala atau permasalahan yang berbeda-beda. Di antaranya terputusnya askes jalan menuju bangunan pasar, dan belum adanya peresmian dari Pemda.

“Hal itu yang menjadi permasalahan dilapang terhambatnya pemanfaatan bangunan pasar,” ujarnya..

(Baca Juga : Satpol PP Buton Sidak Kios Pedagang di Pasar Kaloko)

Maka dari itu, pihaknya terus melakukan pembenahan dan perbaikan terhadap pasar yang telah difungsikan maupun belum, guna menunjang perputaran perekonomian di Buton.

“Dorongan itu terus kami lakukan kepada pemerintah setempat agar bangunan pasar tidak terbengkalai percuma,”harapnya.

Diketahui, mekanisme pembangunan pasar di Buton sudah sesuai mekanisme. Saat ini, pihaknya tengah fokus di ibukota Kabupaten Buton, yaitu pasar Pemda seperti pasar Kaloko dan Sabho karena pasar ini harus menjadi pasar yang lebih memadai. (B)

 


Reporter : Nanang
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib