iklan zonasultra

34 Balon Kades Di Butur, Ikuti Tes Akademik

Dua Desa di Konut Terancam Gagal Ikut Pilkades Serentak, Ini Penyebabnya
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Sebanyak 34 Bakal Calon (balon) Kepala Desa (kades) mengikuti tes akademik di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) setempat. Seleksi tersebut berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 5 hingga 6 April 2017.

Dua Desa di Konut Terancam Gagal Ikut Pilkades Serentak, Ini Penyebabnya
Ilustrasi

Seleksi yang digelar itu dikarenakan jumlah balon kades telah melebihi batas maksimal, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Peraturan Bupati Nomor 2 Tahun 2017 Pasal 40. Dimana, apabila balon kades lebih dari lima orang, panitia mengajukan permohonan seleksi akademis kepada Tim Fasilitasi.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Roman menyampaikan, peserta yang mengikuti tes itu berasal dari lima desa yang tersebar di dua kecamatan. Untuk Kecamatan Kambowa, lanjut Roman, antara lain Desa Morindino, Bubu, dan Lagundi, masing-masing 6 orang bakal calon. Kemudian di Kecamatan Kulisusu yakni Desa Kalibu 6 orang, dan Wacu La’ea sebanyak 10 orang.

iklan zonasultra

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa hasil seleksi akan diumumkan besok, pada hari Jumat tanggal 7 April 2017 yang akan dilanjutkan dengan penetapan calon. Hal itu, tambah dia, mengacu pada jadwal tahapan pilkades yang telah ditentukan.

“Jadi, tanggal 7 April itu sesuai dengan jadwal tahapan pilkades, penetapan calon, baik yang sudah diseleksi, maupun yang tidak,” tuturnya saat ditemui di kantornya, Kamis (6/4/2017).

Mengenai pengumuman, tambahnya, akan dilakukan oleh panitia pemilihan di desa, berdasarkan keputusan dari panitia tim seleksi akademis. “Panitia di desa ini hanya mengumumkan dan menetapkan apa yang sudah menjadi keputusan dari panitia tim seleksi akademis,” ujar Roman.

Pemilihan kepala desa serentak ini akan berlangsung di 43 Desa, yang tersebar di semua kecamatan di Kabupaten Buton Utara. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib