iklan zonasultra

355 Peserta Lulus Jalur SNMPTN di USN Kolaka

Tahun Ini, Pertama Kalinya USN Kolaka Gelar SNMPTN
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan pada 22 Maret 2019 lalu. Di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, ada 355 siswa yang dinyatakan lulus jalur bebas tes ini.

Wakil Rektor I USN Kolaka Ruslin Hadanu mengatakan, berdasarkan Surat Keputusan Ketua LTMPT Nomor 9 Tahun 2019, jumlah peserta yang menjadikan USN pilihan pertama (PTN 1) 266 orang, dan USN jadi pilihan kedua (PTN 2) 89 orang.

Ruslin menyatakan, tingkat kelulusan tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Ini disebabkan banyak sekolah yang bermalasah pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

iklan zonasultra

“Ini memang menurun secara nasional, karena persoalan PDSS di Sultra kebanyakan bermasalah pada saat pendaftaran SNMPTN, ada 300 lebih SMA di wilayah Sultra bermasalah pada PDSS,” kata Ruslin ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (30/3/2019).

(Baca Juga : 2.070 Siswa Lulus SNMPTN di UHO)

Selain itu, penerimaan juga dipengaruhi oleh persentase akreditasi sekolah. Dia menjelaskan, persentase penerimaan sekolah akreditasi A sebelumnya 50 persen sekarang 40 persen. Kemudian, akreditasi B dulu persentase penerimaan sebanyak 30 persen sekarang menjadi 25 persen.

“Sementara akreditasi C dulunya 10 persen menjadi 5 persen. Sedangkan sekolah yang tidak terakreditasi sekarang tidak boleh, yang dulunya 5 persen,” lanjutnya.

Kata dia, USN yang biasanya menerima di atas 400 orang lebih calon mahasiswa, kali ini hanya menerima 355 yang terbagi dalam 24 program studi (prodi). Dan, dari 24 prodi, yang memenuhi kuota hanya prodi Akuntansi, sementara Iainnya tidak memenuhi kuota.

Meskipun penerimaan kali ini tidak sesuai dengan target yang diinginkan yakni 1.320 calon mahasiswa melalui jalur nasional. Kekurangan dari daya tampung tersebut akan dialihkan ke jalur penerimaan SBMPTN dan SMMPTN.

(Baca Juga : 3 Prodi Favorit Pilihan Pendaftar SNMPTN USN Kolaka)

Ia pun meyakini daya tampung akan terpenuhi di SBMPTN karena penerimaan juga dilakukan untuk lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019. Sementara, penerimaan SNMPTN hanya untuk angkatan 2019.

Lebih lanjut ia menjelaskan, registrasi calon mahasiswa dimulai 2 sampai 30 April 2019. Pihaknya memperpanjang pelaksanaan registrasi ulang karena bertepatan dengan penyelenggaraan ujian sekolah. Pendaftarannya pun disiapkan secara online, tetapi tetap ada verifikasi data secara manual.

“Jadi 355 yang lulus itu belum tentu juga kita terima semua, karena bisa saja ada persyaratan yang tidak terpenuhi,” pungkasnya.

USN Kolaka menargetkan daya tampung sebanyak 3.790 lebih calon mahasiswa baru tahun ini untuk di dua kampusnya yaitu Kolaka dan Buton Tengah (Buteng). (b)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib