iklan zonasultra

383 Mahasiswa USN Kolaka Terima Beasiswa Bidikmisi

Kuota Bidikmisi UHO 2019 Naik Dua Kali Lipat
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sebanyak 383 mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka dinyatakan lolos menjadi penerima beasiswa jenis Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi).

Kepala Bagian Akademik USN Kolaka, Lete mengatakan setelah dilakukan verifikasi oleh pihaknya, penerima bantuan pendidikan dari pemerintah pusat untuk USN Kolaka yang dinyatakan lolos sebanyak 383 penerima. Jumlah tersebut terdiri dari penerima jalur SNMPTN sebanyak 177 dan sejumlah 206 pada jalur SBMPTN.

“Dan ini semua bukan kita yang menentukan lolosnya. Yang menentukan mereka lolos itu panitia pusat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT),” jelasnya ditemui di ruang kerjanya Kamis (12/9/2019).

iklan zonasultra

Baca Juga : Tahun Depan, Lulusan USN Kolaka Wajib TOEFL dan TPA

Lete menjelaskan, pendaftar Bidikmisi USN Kolaka yang dinyatakan lolos berjumlah 504 orang berdasarkan panitia pusat LTMPT. Namun setelah dilakukan verifikasi terhadap para pendaftar tersebut, yang lolos hanya 383 penerima.

Menurutnya, pendaftar lainnya sejumlah 124 orang dinyatakan tidak lolos karena dianggap mampu secara ekonomi berdasarkan hasil verifikasi pihak kampus merah marun itu.

Kendati demikian, sesuai kebijakan baru yang dikeluarkan, sebanyak 124 orang yang tidak lolos, mereka masuk daftar tunggu. Bila dari penerima, ada yang sudah tidak memenuhi syarat lagi, indeks prestasinya tidak mencapai 2,5 serta meninggal dunia, maka mereka bisa mengganti penerima bidikmisi tersebut.

“Eks lulus itu, mereka berhak diusulkan kembali meskipun pada semester berjalan, biar bukan mahasiswa baru. Misal pada semester tiga, kalau ada penerima diangkatannya yang sudah tidak memenuhi syarat, mereka bisa ganti. Kita dahulukan mereka yang daftar tunggu,” tambahnya.

Baca Juga : USN Usulkan 50 Mahasiswa Terima Beasiswa BI

Namun, kata dia, dengan catatan mereka memiliki nama dan nomor yang dikeluarkan LTPMT bila mahasiswa tersebut berhak mendapatkan bidikmisi dan diverifikasi oleh universitas. Sehingga, 124 orang yang tidak lolos verifikasi masih memiliki peluang untuk mendapatkan beasiswa.

Untuk diketahui, kriteria mendapatkan bidikmisi sesuai arahan, haruslah yatim piatu dengan latar belakang keluarga sudah tidak ada yang bisa membantu. Kemudian yatim dan piatu, orang tua cerai hidup, memiliki banyak saudara dan miskin, pekerjaan orang tua yang menghasilkan pendapatan di bawah Rp500 ribu. (B)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib