iklan zonasultra

48 Balon Kada PDIP Disurvei Serentak April 2016

Survei Elektabilitas Jadi Patokan, Hugua Maju Pilgub 2018?
Nursalam Lada

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Partai Demokrasi Indonesia, PDI Perjuangan akan mensurvei 48 bakal calon kepala daerah (Kada) yang sudah mendaftar. Setelah sebelumnya telah dilakukan tahap penjaringan dan wawancara.

Survei Elektabilitas Jadi Patokan, Hugua Maju Pilgub 2018?
Nursalam Lada

Wakil Ketua PDI Perjuangan Sulawesi Tenggara (Sultra) Nursalam Lada mengatakan survei untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 itu dilakukan serentak. Lembaga survei yang akan digunakan sesuai dengan rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Biasanya Indobarometer, Cyrus, atau Lingkaran Survei Indonesia (LSI)

“Kemungkinan survei akan dilakukan 3 kali untuk melihat tren masing-masing figur. Setelah itu baru akan ditentukan calon yang akan disusung. Survei rencananya akan kami laksanakan Aprim mendatang,” kata Nursalam di Kendari, Selasa (29/3/2016).

Setelah survei bulan April, pada bulan Mei 2016 akan dilakukan psiko tes dan fit and proper tes. Kata Nursalam yang akan dikirim ke DPP minimal 2 figur dan maksimal 3 dari masing-masing daerah. Penentuan akhir satu figur yang diusung pada akhir Mei atau Juni 2016.

Dari hasil wawancara yang telah dilakukan para balon kada tersebut memiliki kemampuan yang cukup untuk menjadi kepala daerah. Namun demikian kata Nursalam, kemampuan untuk memenangkan pertarunganlah yang akan menjadi pertimbangan utama dan itu hanya dapat dilihat lewat survei.

“Hari kami sudah mulai membuat pemetaan politik yakni tentang ketokohan tokoh politik ini di daerahnya masing-masing dan dasar dukungan realnya. Hal itu juga akan menjadi pertimbangan untuk diusung,” kata Nursalam yang juga Wakil Ketua DPRD Sultra.

 

Penulis    : Muhamad Taslim Dalma
Editor    : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib