iklan zonasultra

5.000 Penari Kolosal Bakal Meriahkan Festival Budaya Tua Buton

5.000 Penari Kolosal Bakal Meriahkan Festival Budaya Tua Buton
PENARI KOLOSAL - Para penari kolosial Buton menunjukan tarian (Foto Internet)

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Event tahunan Festival Budaya Tua Buton tahun 2019 segera digelar 19-24 Agustus. Untuk memeriahkan event ini pemerintah daerah setempat menyiapkan 5.000 penari kolosal.

Kepala Dinas Kebudayaan Buton, La Ode Syamsudin mengatakan, Festival Budaya Tua Buton 2019 dimulai dari Buton Expo dan ditutup dengan persembahan tarian kolosal dari 5.000 penari. Para penari akan menampilkan tiga tarian asal Buton, yaitu tari Aliando, tari Ponare, dan tari Badendang.

Baca Juga : Seribu Siswa di Koltim Berlatih Tari Kolosal

iklan zonasultra

“Festival Budaya Tua Buton ini digelar selama enam hari, lebih lama dari tahun kemarin. Tahun ini juga banyak event yang dibuka,” terang Syamsudin ditemui di Pasarwajo, Kamis (1/8/2019).

Syamsudin menambahkan, para penari ini dipilih dari 2.000 siswa SD, 1.500 siswa SMP, dan 1.500 siswa SMA se-Kabupaten Buton. Para siswa saat ini sudah berlatih.

“Tiga tarian yang kita tampilkan ini merupakan tarian asli dari Buton. Kita sekaligus ingin melestarikan budaya lokal,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Buton Harming menjelaskan, 5.000 siswa penari kolosal tersebut diberi waktu dua minggu untuk latihan. Satu minggu di sekolah masing-masing dan satu minggu latihan bersama sebelum pertunjukan.

“Pada saat ini para siswa telah mengikuti pelatihan di sekolah masing-masing hingga satu Minggu sebelum hari puncak pelaksanaan, yang akan latihan bersama seluruh peserta penari di lapangan kompleks perkantoran Takawa,” terangnya, Kamis (1/7/2019).

Baca Juga : 2019 Pemda Buton Target, Festival Budaya Tua Buton Masuk Kalender 100 Wonderful Indonesia

Tarian dan acara adat Buton yang akan ditunjukan dalam Festival Budaya Tua Buton nanti diprediksi juga akan mampu memikat wisatawan. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata Buton sudah menyiapkan beberapa destinasi wisata bagi pengunjung.

“Kita sudah ada beberapa pantai, serta destinasi wisata untuk para pengunjung berekreasi di sela-sela festival. Ada yang dekat dengan lokasi festival ada juga yang jaraknya jauh,” kata Harming. (b)

 


Penulis: M6
Editor: Jumriati

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib