iklan zonasultra

iklan zonasultra

5 Hari Jelang Pilgub, Ini Hasil Survei Terbaru JSI

5 Hari Jelang Pilgub, Ini Hasil Survei Terbaru JSI
SURVEI PILGUB - Jaringan Suara Indonesia (JSI) mempresentasikan hasil survei Pemilihan Gubernur di salah satu Hotel di Kendari, Jumat (22/6/2018). Pasangan Ali Mazi - Lukman unggul dalam survei tersebut. (Muh Taslim Dalma/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil survey terbaru untuk Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). Hasilnya pasangan Ali Mazi-Lukman masih menempati posisi paling unggul dibanding Asrun-Hugua dan Rusda Mahmud-Sjafei Kahar.

Tingkat dukungan Ali Mazi-Lukman mencapai 47,6 persen sedangkan Asrun-Hugua 17,1 persen dan Rusda-Sjafei 16,1 persen Responden yang belum tahu/belum memutuskan 13,3 persen dan responden yang ridak jawab/rahasia 5,9 persen.

Tingkat distribusi suara, Ali Mazi-Lukman unggul di 5 zona dari 6 zona pembagian daerah yang disurvei. Ali Mazi-Lukman hanya lemah di zona 5 yakni Kolaka, Kolaka Utara, dan Kolaka Timur. Yang unggul di zona 5 adalah Rusda-Sjafei.

Wakil Direktur Eksekutif JSI, Popon Lingga Geni mengatakan, survey itu dilakukan 7 sampai 9 Juni 2018 dengan metode multistage random sampling. Metode yang demikian membuat pemilih di 17 kabupaten/kota berpeluang menjadi responden.

5 Hari Jelang Pilgub, Ini Hasil Survei Terbaru JSI

Responden yang disurvei berjumlah 800 orang. Adapun margin error survey tersebut yakni kurang lebih 3,5 persen. Popon mengaku, hasil survey tersebut tidak berbeda signifikan dengan survey pada April 2018 lalu yang mana Ali Mazi-Lukman juga unggul.

“JSI sudah terdaftar di KPUD yang surat pemberitahuannya kami terima 6 Juni 2018 lalu,JSI independen dalam melakukan survey meskipun memang kami sebagai konsultan politik mendampingi Ali Mazi-Lukman di Pilgub Sulawesi Tenggara kali ini” ujar Popon di salah satu Hotel Kendari, Jumat (22/6/2018).

Popon memastikan hasil survei itu tidak akan jauh berbebeda saat hari pemilihan yakni Ali Mazi-Lukman tetap akan teratas. Pemenang Pilgub bisa melenceng dari survey manakala ada “bom politik” misalnya tim-tim Ali Mazi-Lukman tiba-tiba sama sekali tidak bergerak.(A)

 


Reporter : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib