50 Mahasiswa IAIN Kendari Terima Beasiswa Bank Indonesia

50 Mahasiswa IAIN Kendari Terima Beasiswa Bank Indonesia
BEASISWA BI- Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) Suharman Tabrani (tengah) saat menyerahakan secara simbolis beasiswa BI kepada salah satu mahasiswa IAIN Kendari, Jumat (5/4/2019) di Aula Kampus IAIN Kendari. (DOKUMENTASI BI Sultra).

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Sebanyak 50 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mendapatkan beasiswa pendidikan dari Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra Suharman Tabrani mengatakan, program beasiswa itu sudah berjalan sejak tahun 2017 yang setiap tahunnya dilakukan evaluasi. Penyerahannya secara simbolis dilaksanakan, Jumat (5/4/2019) lalu bersamaan dengan penyelenggaraan kuliah umum.

Program ini merupakan bentuk dukungan BI di bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM di Indonesia termasuk di Bumi Anoa.

Setiap mahasiswa akan menerima beasiswa selama 2 tahun dengan besaran Rp6 juta per semester. Rata-rata mahasiswa yang memperoleh beasiswa tersebut minimal mereka yang sementara duduk di semester IV.

(Baca Juga : Faizah Binti Awad, Guru Besar Pertama IAIN Kendari yang Jadi Rektor)

Namun dalam perjalanannya BI tetap melakukan evaluasi setiap tahunnya, ketika penerima tidak memanfaatkan dengan baik beasiswa tersebut atau hasilnya tidak memuaskan maka akan dihentikan.

Dan jika penerima sudah wisuda maka dihentikan pula serta dialihkan kepada mahasiswa pengganti.

Untuk menjadikan beasiswa itu tepat sasaran maka proses mendapatkan beasiswa pun dilakukan secara adil mulai pendaftaran memalui kampus hingga wawancara akhir di BI setelah dinyatakan lulus berkas.

“Syarat administrasi, jika lulus dilanjutkan ke tahap wawancara, kemudian tahap terkahir ditetapkan, dan wawancara di BI juga,” jelas Suharman melalui siran persnya, Selasa (9/4/2018).

Selain memberikan beasiswa, BI juga membina komunitas penerima beasiswa dalam wadah Generasi Baru Indonesia (GenBI). GenBI sendiri sudah banyak melakukan aktivitas sosial kemasyarakatan setiap tahunnya.

Sementara itu, Sekda Kota Kendari Nahwa Umar menyampaikan apresiasinya atas hal tersebut, tanggungjawab pengembangan kualitas SDM merupakan tugas bersama komponen pemerintah.

“Kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak terkait sangat dibutuhkan untuk mewujudkan generasi penerus yang tangguh dan unggul,” jelas Nahwa. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib