iklan zonasultra

50 Unit Rumah Transmigrasi Akan Dibangun di Desa Momuntu Mubar

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Mubar, Pakrun
Pakrun

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Sebanyak 50 unit rumah transmigrasi akan kembali dibangun di Desa Momuntu, Kecamatan Tiworo Tengah, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Puluhan unit rumah tranmigrasi tersebut merupakan bantuan perumahan tahun 2020. Bantuan tersebut bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp6,5 miliar.

Baca Juga : Disnakertrans Mubar Kembali Bangun 25 Unit Rumah Transmigrasi

iklan zonasultra

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Mubar, Pakrun mengatakan rumah transmigrasi ini akan dibangun permanen dengan tipe 36.

“Jadi tahun 2020 ini kita mendapatkan bantuan 50 unit rumah transmigrasi yang bersumber dari dana APBN. Sejatinya, mulai Januari bulan lalu sudah harus dibangun tetapi sekarang masih dalam proses adiministrasi KPPN dan setelah itu kita akan lakukan lelang,” kata Pakrun saat dihubungi, Minggu (16/2/2020).

Dikatakan Pakrun, dibangunnya rumah transmigrasi di Desa Momuntu ini dengan permanen bukan tanpa alasan. Sebab, daerah ini masuk dalam Rencana Teknis Satuan Pemukiman (RTSP) sejak 2016 lalu. Sejauh ini pemerintah sudah membangun rumah transmigrasi sebanyak 100 unit di desa ini.

Baca Juga : Bupati Mubar Lantik 81 Kades dan 3 Kepala Dinas

“Desa Momuntu dan Lakabu masuk dalam RTSP dan akan dibangun 300 unit rumah transmigrasi. Sejauh ini yang sudah dibangun 100 unit dan tahun 2020 sebanyak 50 unit. Jadi tinggal 150 unit yang akan dibangun dan semua akan dibangun permanen bukan lagi semi permanen,” jelasnya.

Dia menambahkan, 50 unit rumah transmigrasi ini akan ditempati oleh masyarakat lokal dan masyarakat dari luar. “Perbandingannya itu 60 : 40. Jadi 40 persen ini masyarakat dari luar yang datang. Sementara, 60 masyarakan lokal yang ada di Mubar sini,” ujarnya. (B)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib