iklan zonasultra

53 Titik Panas Terpantau di Sultra, Koltim Terbanyak

53 Titik Panas Terpantau di Sultra, Koltim Terbanyak
BMKG - Pantauan satelit Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tanggal (25/11/2019) mencatat ada 53 sebaran titik panas di 8 kabupaten. (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat ada 53 sebaran titik panas di 8 kabupaten.

Sebaran ini merupakan pantauan satelit Terra, Aqua, dan Suomi NPP BMKG pada tanggal (25/11/2019) kemarin selama 24 jam.

Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) masuk zona merah dengan jumlah titik panas terbanyak 20 titik. Sebaran titik panas dengan tingkat kepercayaan 100 persen berada di Koltim yakni dua titik di Kecamatan Lalolae dan 6 titik di Kecamatan Tinondo.

iklan zonasultra

Baca Juga : Koltim Diselumuti Asap, BMKG Prediksi Hujan Akan Turun

Selain Koltim, kabupaten lain yang terdeteksi ada sebaran titik api yakni Kabupaten Konawe dengan jumlah 18 titik tersebar di Wawatobi, Meluhu, Lambuya, Bondoala, Abuki, Anggaberi dan Asinua.

Konawe Selatan (Konsel) ada 3 titik yang tersebar di Kolono, Laonti, Tinanggea. Konawe Utara (Konut) dua titik Andowia dan Langgikima.

Bombana ada empat titik yakni di Poleang Tenggara dan Timur dan tingkat kepercayaan di Poleang Timur 100 persen. Buton Utara (Butur) satu titik di Konbowa. Serta Kolaka terdapat empat titik di Tenggetada dan Kolala.

Baca Juga : Kabut Asap Mengepung Ibukota Koltim

Untuk diketahui, saat ini Kabupaten Koltim diselimuti kabut asap akibat kebaran hutan dan lahan sejak, Minggu (24/11/2019) kemarin.

Asap pun semakin meluas yang tadinya hanya di Kecamatan Lalolae dan Tinondo saat ini sudah masuk di kawasan ibu kota Koltim Tirawuta.

Dampaknya jarak pandang sekitar 20 meter saja. Masyarakat terutama murid SD Simbune setempat harus mengenakan masker saat mengikuti proses belajar mengajar. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Abd Saban

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib