Honda

59 Orang Potensi SAR Baubau Siap Jalankan Tugas

SAR- Wali Kota Baubau (kiri) bersama Djainudi (kanan) saat penutupan Rakor Basarnas Kendari di Pantai Nirwana, Minggu (22/9/2019). (Risno/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Sebanyak 59 orang peserta potensi Search and Rescue (SAR) Basarnas Kendari yang ikut pelatihan di Kota Baubau dinyatakan lulus seleksi. Jumlah ini hanya kurang satu dari total 60 orang peserta.

Kepala Basarnas Kendari, Djunaidi, ditemui usai penutupan Rapat Koordinasi Basarnas Kendari dan Pelatihan Potensi SAR, Minggu (22/9/2019) mengatakan, seorang peserta yang tidak lulus karena absen selama dua hari.

Total waktu pelatihan ini dilaksanakan selama tujuh hari. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Rapat Koordinasi Basarnas Kendari di Kota Baubau pada 17 September 2019 lalu.

iklan zonasultra

Para peserta potensi SAR sendiri dilatih tentang pertolongan pertama pada kecelakaan. Mereka juga mempraktekan simulasi pertolongan pada bencana pelayaran. Selama enam hari peserta diberi materi dalam ruangan. Satu hari yakni hari terakhir, mereka praktek lapangan di Pantai Nirwana Kota Baubau.

Setelah dinyatalan lulus, para peserta sendiri dianggap mampu menjalankan tugas. Tentunya pelajaran tidak cukup hanya dengan pelatihan tujuh hari. 59 orang itu akan dibimbing di kantor Pos SAR Kota Baubau.

Para peserta potensi SAR di Kota Baubau, melakukan yel-yel usai mengikuti simulasi pertolongan korban bencana pelayaran.

“Dengan pelatihan ini, teman-teman potensi SAR bisa lebih matang dalam proses evakuasi korban. Dan saya lihat semuanya semangat, antusias,” ujar Djunaidi.

Wali Kota Baubau yang diundang untuk menutup kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Basarnas Kendari. Dia juga berharap kepada 59 orang yang telah dilatih, dapat menambah personel penolong saat bencana.

“Mereka sudah punya keterampilan, sehingga jika ada kecelakaan, misalkan, jatuh dari dermaga tiba-tiba, atau kecelakaan dilaut, secara sigap mereka bisa melakukan pertolongan,” imbuhnya. (b)

 


Penulis : M6
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib