iklan zonasultra

6 Kecamatan di Konut Rawan Banjir, BPBD Siagakan Team Reaksi Cepat

Seminggu Terendam, Banjir di Konut Mulai Surut
BANJIR - Tim BPBD Konawe Utara, dipimpin Kabid Kedaruratan dan Logistik, Djasmidin melakukan evakuasi terhadap masyarakat korban banjir di 5 kecamatan yang kembali melanda wilayah itu beberapa waktu lalu. (Foto : Dok ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU– Tingginya curah hujan yang turun sejak beberapa hari terakhir ini membuat wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) rawan terjadi banjir.

Data yang diperoleh awak media Zonasultra.com di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut, tercatat dari 13 kecamatan titik rawan banjir berada di 6 kecamatan yaitu, Kecamatan Andowia, Asera, Oheo, Lasolo, Lembo dan Kecamatan Sawa.

Kepala BPBD Konut, Rahmatullah melalui Kabid Kedaruratan, Djasmiddin mengatakan, kondisi terkini wilayah Bumi Oheo itu masuk siaga 2. Peringatan dini tersebut, dikeluarkan pihaknya berdasarkan analisa BMKG terkait peringatan dini cuaca Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 27 Mei 2019 pukul 12.30 Wita.

“Jika hujan masih terus mengguyur. Banjir, bisa melanda enam kecamatan ini”kata Djasmiddin, Senin (27/5/2019).

Mengantisipasi kondisi itu, pihaknya telah membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) yang melibatkan staf jajaran BPBD Konut. Tujuannya untuk melakukan penanganan jika banjir melanada masyarakat di wilayah itu. Selain itu, BPBD juga menyiapkan fasilitas penanganan banjir.

“Di 2018 kemarin banjir terjadi di Desa Tapuwatu, Desa Walalindu Kecamatan Asera kemudian dan Desa Sambandete jalan penghubung Sultra-Sulteng lumpuh total. Inilah yang perlu diwaspadai,”ujarnya.

Djasmiddin menambahkan, dari 6 kecamatan itu, desa yang rentan banjir adalah Desa Pakah Indah di Kecamatan Langgikima, Desa Tambakua di Kecamatan Landawe,Desa Alawanggudu dan Desa Puwanggudu Kecamatan Asera. Kemudian Desa Laronanga Kecamatan Andowia, Desa Labungga Kecamatan Andowia, Desa Pusuli Kecamatan Andowia dan Desa Puwonua Kecamatan Andowia.

Olehnya itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berada d wilayah bantaran sungai dan pesisir pantai agar senantiasa waspada tidak lengah dengan kondisi cuaca yang terjadi saat ini. (b)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib