iklan zonasultra

6 Keutamaan Puasa Ramadan

Pendiri Sekolah Sit Insan Cendikia Muna, ustad Munir Aswandi
Pendiri Sekolah Sit Insan Cendikia Muna, ustad Munir Aswandi

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Setiap umat muslim di muka bumi ini pastinya akan menjalankan puasa sunah maupun puasa wajib di Bulan Suci Ramadan. Perlu diketahui, puasa di bulan Ramadan itu memiliki 6 keutamaan.

Kali ini, pendiri Sekolah Sit Insan Cendikia Muna ustad Munir Aswandi akan berbagi pengetahuan terkait 6 keutamaan umat muslim berpuasa di bulan Ramadan. Ustad Munir mengatakan, puasa di bulan Ramadan hukumnya wajib bagi orang dewasa.

Adapun 6 keutamaan puasa di bulan Ramadan yakni ;

iklan zonasultra

1. Puasa di Bulan Ramadan Sebagai Rukun ketiga dari Rukun Islam, sebagaimana yang terkandung dalam firman Allah SWT,

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al-Baqarah: 185).

Baca Juga : Manfaat Puasa Dalam Tinjauan Sains

Juga dalam riwayat Ibnu Umar disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda bahwa,

“Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusanNya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadan dan haji ke Baitullah.” (HR. Bukhari Muslim).

2. Bulan Diturunkannya Alquran

Kata Munir, keutamaan puasa Ramadan salah satunya adalah bulan Alquran atau syahrul Quran. Diturunkannya Alquran pada bulan Ramadan ini menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadan.

Allah SWT berfirman yang memiliki arti,
“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

3. Bulan Penuh Keberkahan

Bulan ini juga disebut dengan bulan syahrun mubarak. Hal ini berdasarkan pada dalil hadits Nabi Rasulullah SAW yang memiliki arti,

“Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Agmad, An-Nasa’I dan Al-Baihaqi).

Dan juga bahwa setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan ini, maka Allah akan melipatgandakan pahalanya.

Baca Juga : Hukum Main Game Online Saat Bulan Puasa

Selain itu, kata ia, di dalam bulan yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan ini, maka tidak hanya keberkahan di dalam menuai pahala, melainkan banyak keberkahan lainnya. Lanjut dia, keutamaan puasa Ramadan juga ditinjau dari aspek ekonomi, di mana Ramadan memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya.

Sedangkan bagi fakir miskin, Ramadan membawa keberkahan tersendiri. Pada bulan Ramadan ini, seorang Muslim digalakkan dan disunnahkan untuk berinfaq dan bersedekah di bulan Ramadan. Bahkan diwajibkan untuk membayar zakat fitrah untuk mereka

4. Adanya Malam Lailatul Qadar

Keutamaan puasa Ramadan lainnya adalah dengan hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadan, yaitu malam Lailatul Qadar.

Di bulan Ramadan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadan adalah saat diturunkannya Alquranul Karim.

5. Bulan Pengampunan Dosa

Allah SWT menyediakan Ramadan sebagai fasilitas untuk penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa besar. Nabi SAW pun bersabda yang memiliki arti,

“Shalat lima waktu, Jum’at ke Jum’at dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim).

Baca Juga : Lima Jenis Nafsu yang Harus Ditahan Selama Berpuasa

Melalui berbagai aktivitas ibadah di bulan Ramadan, Allah SWT menghapuskan seluruh dosa-dosa. Di antaranya adalah puasa Ramadan, sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya,

“Barang siapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Begitu juga dengan melakukan shalat malam (tarawih, witir, dan tahajud) pada bulan Ramadan ini dapat menghapus dosa yang telah lalu, sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya,

“Barang siapa yang berpuasa melakukan qiyam Ramadan (shalat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Keutamaan puasa Ramadan lainnya adalah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup, serta setan-setan diikat. Dengan demikian, Allah SWT telah memberi kesempatan kepada hambaNya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang telah diperbuat pada bulan Ramadan. (b)

 


Kontributor : Kasman
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib