iklan zonasultra

6 Nama Calon Rektor IAIN Kendari Diserahkan ke Kemenag

6 Nama Calon Rektor IAIN Kendari Diserahkan ke Kemenag
CALON REKTOR IAIN - Sebanyak 6 orang dinyatakan lolos tahapan seleksi pemilihan rektor (Pilrek) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari. Enam calon rektor tersebut adalah Faizah Binti Awad, Husain Insawan, Kasjim, Muh. Alifuddin, Pairin, dan St Kuraedah. (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 6 orang dinyatakan lolos tahapan seleksi pemilihan rektor (Pilrek) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari. Enam calon rektor tersebut adalah Faizah Binti Awad, Husain Insawan, Kasjim, Muh. Alifuddin, Pairin, dan St Kuraedah.

Pejabat Humas IAIN Kendari Lily Ulfia melalui siaran pers mengatakan, pada pertengahan Desember 2018 lalu Rektor IAIN telah mengirim keenam nama calon rektor tersebut kepada Bagian Tata Usaha Pimpinan Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Agama, Khoirul Huda Basyir Habibullah.

Sebelumnya, kata Lily, pilrek di IAIN sudah mengalami berbagai tahapan-tahapan mulai dari verifikasi secara objektif sesuai dengan persyaratan administrasi dan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

iklan zonasultra

Berita Terkait : Panitia Penjaringan Tetapkan 6 Kandidat Calon Rektor IAIN Kendari

Proses penjaringan dilakukan oleh panitia penjaringan (panji), kemudian penyerahan hasil seleksi kepada rektor, selanjutnya rektor meminta pertimbangan senat dan senat merekomendasikan rektor melanjutkan keenam calon kepada Kemenag.

Lily melanjutkan, setelah Rektor IAIN Kendari menyerahkan kepada kementerian, selanjutnya akan diseleksi lagi oleh tim fit and proper test dari Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam (Pendis) untuk mengukur terkait dengan moralitas, integritas, kompetensi, program kerja, mengukur objektivitas dan mengukur nilai.

Setelah dilakukan fit and proper test dari Direktorat Jenderal Pendis, beber dia, akan dikerucutkan menjadi 3 nama yang selanjutnya akan dibawa kepada Kementerian Agama, sehingga dapat ditentukan menjadi Rektor IAIN yang definitif periode 2019-2023.

“Di Kendari, tidak ada lagi proses, kami tinggal menunggu Rektor IAIN Kendari definitif yang sampai saat ini kita belum mengetahui kapan diumumkan. Mengingat masa jabatan akhir rektor sekarang pada 4 Maret mendatang, kita berharap pelantikannya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” ujarnya.

Rektor IAIN Kendari saat ini, Nur Alim, dilantik pada 4 Maret 2015 silam oleh Menteri Agama untuk masa jabatan 2015–2019. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib