iklan zonasultra

iklan zonasultra

6 Pengajar Muda Indonesia Mengajar Bakal Mengabdi Bagi Anak-anak di Konawe

6 Pengajar Muda Indonesia Mengajar Bakal Mengabdi Bagi Anak-anak di Konawe
PENGAJAR MUDA - Indonesia Mengajar merupakan sebuah gerakan yang mengajak semua pihak untuk mengambil bagian/ peran dalam memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya di daerah 3T yakni Terluar, Terdalam serta Terisolir. (RANDI ARDIANSYAH/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Indonesia Mengajar merupakan sebuah gerakan yang mengajak semua pihak untuk mengambil bagian/ peran dalam memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya di daerah 3T yakni Terluar, Terdalam serta Terisolir.

Indonesia Mengajar sendiri telah banyak mengirim pengajar-pengajar muda ke berbagai pelosok Indonesia, untuk mengabdi memberikan ilmu kepada anak-anak di daerah tersebut.

Salah satunya adalah Metri Wulandari perempuan asal Purwokerto ini merupakan Sarjana Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Gadjah Mada. Merupakan Pengajar Muda angkatan XVI yang kini bertugas di Kecamatan Routa, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bersama lima orang rekannya yang juga Pengajar Muda angkatan XVI, akan mendedikasikan diri untuk mengajar anak-anak yang ada di sejulamlah kecamatan yang ada di Konawe, selama satu tahun kedepan.

“Jadi diluar tugas dasarnya sebagai guru, para Pengajar Muda memiliki mandat untuk menggerakkan perubahan perilaku di tempatnya bertugas. Lingkup kerjanya adalah di sekolah dasar, desa dan kabupaten penempatan penugasan,” jelasnya.

Selama berada di Konawe, lanjutnya, para Pengajar Muda ini akan menjadi guru di sekolah, pelibatan masyarakat dalam kegiataan di desa penempatan serta pelibatan daerah dengan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder dalam ruang lingkup Kabupaten Konawe.

“Gerekan Indonesia Mengajar ini dilakukan secara intensif selama 5 tahun, di setiap kabupaten penempatan dengan sistem pergantian pengajar setiap tahunnya untuk lokasi yang sama. Untuk kabupaten Konawe, Gerakan Indonesia Mengajar telah memasuki tahun 3 dengan, Pengajar Muda yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia,” tutupnya.

Adapun daftar Pengajar Muda Angkatan XVI yang bertugas di Konawe yakni, Legi Okta Putra Pengajar Muda asal Jambi merupakan Sarjana Peternakan Universitas Andalas, bertugas di Kecamatan Latoma, Konawe, Metri Wulandari Pengajar Muda asal Purwokerto merupakan, Sarjana Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Gadjah Mada, bertugas di Kecamatan Routa, Konawe.

Masitoh Pengajar Muda asal Bandung, Sarjana Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung, bertugas di Kecamatan Latoma, Konawe. Randy Febri Nanda Pengajar Muda asal Jakarta, Sarjana Geografi Universitas Indonesia, bertugas di Kecamatan Asinua, Konawe, serta Mabrur M Yusup Pengajar Muda asal Yogyakarta, Sarjana Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang, bertugas di Kecamatan Latoma, Konawe, dan Marfi Arindo Yusni Pengajar Muda asal Lampung, Sarjana Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, bertugas di Kecamatan Routa, Konawe. (B)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib