iklan zonasultra

7.600 Nelayan Konut Dibantu Prasarana secara Bertahap

7.600 Nelayan Konut Dibantu Prasarana secara Bertahap
PENYERAHAN BANTUAN - Bupati Konawe Utara, Ruksamin bersama Kadis DKP Konut Deddi Riyanto Hamid menyerahkan santunan dana asuransi nelayan kepada ahli waris di pelataran kantor bupati setempat. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Sebanyak 7.600 nelayan yang tersebar di 13 kecamatan di kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan didukung prasarana dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kabupaten Konut, Deddi Riyanto Hamid mengungkapkan bantuan prasarana itu bertujuan untuk menunjang pegelolaan usaha nelayan dimana anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun APBN.

Sejumlah prasarana yang disiapkan untuk nelayan itu diantaranya adalah bibit ikan, pakan, percetakan tambak, mesin katinting, perahu, kapal dan pukat.

Tak hanya itu, DKP Konut juga meniapkan bantuan prasarana untuk pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, seperti rumah pengasapan ikan, mobil pendingin cold storage, ice flake dan cold storage.

Kata Deddi, bantuan tersebut diberikan langsung kepada nelayan yang berhak meneriman baik itu dalam bentuk kelompok, koperasi nelayan maupun perorangan dengan mengajukan proposal permintaan bantuan atas usaha yang dijalankan.

(Baca Juga : Tingkatkan Kinerja, DKP Konut Rutin Gelar Rapat Evaluasi)

“Bantuannya langsung direalisasikan oleh Pemerintah ke masyarakat nelayan. Kami juga terus lakukan monitoring untuk melihat perkembangannya. Pastinya pemerintah daerah terus memperjuangkan kesejahteraan nelayan dengan melakukan berbagai macam upaya dan terobosan hingga ke pemerintah pusat,”kata Deddi di kediamaanya, Minggu (4/8/2019).

Menurutnya, tingkat kesejahteraan nelayan di Konut sejak tahun 2017 hingga 2019 mulai membaik. Salah satu faktornya adalah karena memadainya dukungan fasilitas nelayan yang diberikan sebagai penunjang kegiatan di lapangan.

“Selain sarana dan prasarana, tanggungan asuransi jiwa kepada nelayan pun menjadi peran Pemda Konut untuk melindungi nelayan kita. Alhamdulillah, fasilitas bantuan yang tersalurkan dapat dimanfaatkan dan terkelola dengan baik. Sarana penunjang memadai, imbasnya produksi meningkat, ekonomi masyarakat maju,” ujarnya. (C)

 


Reporter:Jefri Ipnu
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib