Tampilan Desktop



7 Destinasi Wisata di Banjarmasin yang Wajib Dikunjungi
31 Dibaca

Destinasi Wisata di Banjarmasin yang Wajib Dikunjungi

Wisata Banjarmasin

 

ZONASULTRA.COM, BANJARMASIN – Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) memiliki banyak tempat wisata yang bisa membuat travelista terkesima. Jika berkesempatan #MudikPenuhPesona di sana, silakan dieksplorasi. Salah satu yang sudah menjadi ikon adalah pasar terapung di atas sungai yang sangat melegenda. Namun, Banjarmasin juga memiliki banyak tempat wisata lain yang tak kalah oke.

Anda yang sedang mudik ke Banjarmasin bisa meluangkan waktu untuk menikmati keindahan tempat-tempat wisata itu. “Silakan berwisata di Kalimantan Selatan, Banjarmasin menunggu kalian!” kata Menpar Arief Yahya. Termasuk kulinernya yang cukup mengundang selera.

Berikut ini tujuh tempat wisata yang sayang Anda lewatkan saat libur Lebaran di Banjarmasin:

1. Pasar Terapung Lok Baintan
Ini adalah tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Banjarmasin. Pasar Terapung Lok Baintan adalah sebuah pasar terapung tradisional yang berlokasi di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk.
Pasar tersebut sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar. Para pedagang menjual berbagai hasil bumi. Di sepanjang pesisir aliran Sungai Martapura terlihat konvoi perahu menuju lokasi pasar terapung.

Untuk menuju pasar terapung dari pusat kota bisa ditempuh dengan dua alternatif. Alternatif pertama menyusuri sungai Martapura menggunakan kapal kelotok, sekitar 30 menit.
Alternatif kedua dengan menggunakan kendaraan darat. Namun, untuk alternatif kedua membutuhkan waktu satu jam.
Aktivitas perdagangan dimulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 09.00 WITA. Pedagangnya didominasi perempuan yang memakai tutup kepala (tanggui).

Salah satu yang paling unik adalah warung kopi terapung. Pedagang menempatkan teko dengan kompor gas di atas sampan. Menikmati kopi di atas perahu pada pagi nan cerah tentu merupakan sensasi tersendiri.

2. Masjid Sultan Suriansyah
Masjid Sultan Suriansyah merupakan objek wisata religi yang dibangun di tepi Sungai Kuin. Sejak dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah, masjid itu telah dipugar dua kali, yaitu pada 1976 dan 1999.

Bentuk bangunan yang unik, mimbar, dan kaligrafi menjadi objek utama yang dapat Anda nikmati. Model atap dan bangunan masjid ini mirip dengan Masjid Demak. Tidak jauh dari masjid, ada pula makam Sultan Suriansyah dan museum.

3. Museum Wasaka
Museum Wasaka memiliki akronim Waja Sampai Kaputing. Lokasinya di Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Hamparan rumput hijau dan gagahnya Jembatan Banua Anyar mengapit kawasan Museum Wasaka. Pengunjung bisa menyaksikan jejak-jejak perjuangan rakyat Kalimantan Selatan melawan penjajah Belanda.

Museum ini menyimpan sekitar 400 benda bersejarah. Misalnya, senjata tradisional, peralatan memasak zaman perang, senapan angin dari bahan kayu, kamera, radio, mesin ketik, dan tas kuno.
Selain itu, Anda bisa melihat lukisan yang menceritakan perjuangan rakyat ketika berperang melawan penjajah.

4. Menara Pandang Sungai Martapura
Menara setinggi 21 meter dan terdiri dari empat lantai itu berada di pusat Kota Banjarmasin. Dari atas menara, Anda bisa menyaksikan pemandangan Kota Banjarmasin, Sungai Martapura yang membentang, dan megahnya Patung Bekantan.

Pihak pengelola sudah menjamin keamanan para pengunjung. Meski bangunan cukup tinggi, tetapi ada pagar besi yang mengelilingi menara. Jangankan orang tua, anak-anak juga sangat aman berada di atas Menara Pandang.

5. Pusat Kuliner Banjarmasin
Penasaran dengan kuliner khas Banjarmasin? Pusat kuliner yang memenuhi tepi Sungai Martapura ini bisa menjadi destinasi Anda. Selain bisa menikmati ragam makanan dan jajan tradisional, Anda akan dimanjakan dengan panorama pepohonan hijau dan sungai nan jernih. Anda juga bisa menyusuri sungai dengan cara menyewa kapal kelotok terlebih dahulu.

6. Kampung Sasirangan
Kampung Sasirangan adalah salah satu pusat penjualan kain Sasirangan yang merupakan kain tradisional Kalimantan Selatan. Di sini, Anda bisa membeli kain sasirangan untuk oleh-oleh. Harganya juga sangat terjangkau. Selain kain, ada pula dompet, tas, dan aksesoris.

Kampung Sasirangan juga instagramable setelah dicat berwarna-warni pada akhir 2016 lalu. Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina bahkan sudah bertekad menjadikan Kampung Sasirangan sebagai ikon wisata.

7. Taman Agro Wisata PKK Banjar Bungas
Salah satu destinasi wisata di Kota Banjarmasin yang patut Anda kunjungi bersama keluarga saat liburan adalah Taman Agro Wisata PKK Banjar Bungas.
Meskipun ada kata-kata agro, tetapi bukan berarti destinasi itu hanya berisi pepohonan.

Anda juga bisa melihat satwa beraneka ragam. Kawasan seluas 1,5 hektare itu terbagi dalam beberapa zona sesuai jenis satwa. Misalnya zona reptil yang berisi hewan reptil seperti buaya. Ada pula zona aset yang berisi satwa khas Kalimantan. (*)

 

 

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com