iklan zonasultra

7 Fakta tentang UT, yang Bisa Bikin Anda Tertarik Kuliah di Sana

Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Kendari, Effendi
Effendi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Universitas Terbuka (UT) merupakan salah satu universitas negeri yang ada di Indonesia, dan telah tersebar di 34 provinsi. Kampus yang dikenal dengan fleksibilitasnya ini tentunya menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memperoleh gelar sarjana, magister, maupun doktor.

Di Sulawesi Tenggara (Sultra) sendiri, gedung kampus UT terletak di jalan JL. A.H. Nasution, Kelurahan Kambu Bundaran Anduonohu, Kota Kendari. Untuk itu, yuk simak beberapa fakta menarik tentang UT yang dapat Anda ketahui.

1. Berstatus Negeri

Universitas yang diresmikan pada 1984 ini telah berstatus negeri. Karena telah berstatus negeri, masyarakat tentunya tidak perlu ragu dengan legalitas dan keabsahan ijazahnya.

iklan zonasultra

2. Biaya Kuliah yang Terjangkau

Untuk bisa berkuliah di UT, karena statusnya yang sudah negeri, maka Anda tidak perlu khawatir dengan biaya perkuliahan yang akan mencekik, seperti kampus swasta.

Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Kendari, Effendi menyebutkan untuk biaya kuliah, pihak kampus menyediakan paket. Satu paketnya senilai Rp1.700.000 per-semester, sudah termasuk biaya ujian, layanan administrasi akademik, TTM atau praktikum, UAS, publikasi karya ilmiah, wisuda, dan sebagainya.

(Baca Juga : UT Kendari Buka Jurusan Pariwisata, Calon Mahasiswa Tidak Tes)

Sedangkan untuk nonpaket, pihak kampus memberlakukan sistem SKS. Maksud dari belanja SKS, mahasiswa bebas mau memilih berapa SKS per semesternya. Per-SKS sendiri, harganya beragam mulai dari Rp35.000-Rp70.000.

“Jadi kalau misalkan dia per semesternya bisa ambil 10 sks, ya paling hanya membayar sekitar 350 ribu persemesternya,” kata Effendi di ruang kerjanya.

3. Terakreditasi BAN-PT

UT Kendari sendiri memiliki 4 fakultas, yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP); Fakultas Ekonomi (FE); Fakultas Sains dan Teknologi, Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik; serta 1 program pasca sarjana.

Prodi dari masing-masing fakultas sendiri telah terakreditasi A dan B oleh BAN-PT, sehingga dapat memudahkan alumninya untuk mencari pekerjaan.

4. Beasiswa

Sama seperti kampus lainnya, UT juga punya beragam beasiswa yang bisa diperoleh oleh mahasiswanya, termasuk beasiswa bidikmisi. Beasiswa lainnya sendiri berasal dari mitra seperti BRI Sipas Plus, BTN, Polri, dan beragam beasiswa lainnya.

5. Digitalisasi Sistem Pendidikan

Era disrupsi teknologi telah menginisiasi lahirnya cara-cara yang lebih inovatif dan disruptif di dunia pendidikan. Hal ini akan memicu terjadinya digitalisasi dunia pendidikan. Menyikapi hal tersebut, UT telah melakukan berbagai perubahan bersifat inovatif mulai dari pengembangan bahan ajar, pelaksanaan tutorial hingga ujian akhir semester yang dilaksanakan secara online.

Dalam sistem registrasi UT telah mengembangkan sistem registrasi online yang bisa diakses melalui komputer maupun handphone. Dalam pengembangan bahan ajarpun, UT telah mengembangkan bahan ajar berbasis digital melalui PDF yang dapat diakses melalui digital library. Bentuk digitalisasi lainnya juga tertuang pada sistim belajar yang bisa berlangsung melalui vidio conference.

(Baca Juga : Pemkot Berikan Penghargaan ke UT Kendari)

Selain itu, UT juga menyediakan sumber pembelajaran terbuka-Universitas Terbuka (SUAKA-UT) merupakan Open Educational Resources (OER), yaitu salah satu layanan UT dalam menyediakan materi pembelajaran yang dapat diakses secara gratis oleh masyarakat luas. Di dalam SUAKA-UT terdapat begitu banyak materi sumber pembelajaran berkualitas yang dibuat sendiri oleh para dosen baik secara individu ataupun tim, dengan mengadopsi lisensi creative commons.

6. Penyelenggaraan Layanan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

Sejak tahun 2012, UT sudah mulai mengembangkan bantuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terkini dalam proses pembelajarannya, yaitu dengan mulai dikembangkannya tutorial elektronik (tutel). Sejak itu, secara bertahap penggunaan teknologi internet digunakan, baik dalam proses kerja bidang akademik dan non akademik, misalnya dalam pelaksanaan registrasi online, pemesanan bahan ajar secara online, penyediaan materi ajar berbentuk gital, tutorial online dan ujian online.

UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

7. Bisa Kuliah Sambil Kerja

Bagi Anda yang sedang dalam status bekerja namun tetap ingin melanjutkan kuliah, UT adalah jawabannya. Sifatnya yang terbuka, memungkinkan siapa saja bisa menjalani perkuliahan secara fleksibel, di mana saja dan kapan saja tanpa batasan usia. Selain itu, mahasiswa juga diberi fleksibilitas menyelesaikan perkuliahannya sampai selesai, menyesuaikan dengan hariannya.

Nah, itu dia 7 fakta tentang Universitas Terbuka. jadi, bagi kalian yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri dengan lebih santai sambil bekerja, UT adalah jawaban terbaik. (A)

 


Kontibutor: Sri Rahayu
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib