iklan zonasultra

7 Jenis Kue Kering yang Selalu Ada Saat Momen Lebaran

Ilustrasi lebaran
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM. KENDARI – Setiap momentum lebaran tiba, sudah menjadi tradisi masyarakat melakukan anjangsana ke rumah tetangga, rekan kerja, maupun sanak saudara.

Dalam kunjungan tersebut, empunya rumah umumnya menyajikan berbagai jenis camilan kue kering untuk disantap bersama dengan minuman berupa sirup, teh, kopi, maupun soda.

Di antara berbagai jenis kue kering khas lebaran, ada beberapa macam kue favorit banyak orang yang selalu dicari saat momen lebaran tiba. Baik itu kue kering berbahan dasar coklat, keju, maupun kacang-kacangan.


Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini jenis kue-kue kering yang selalu ada dan dicari saat lebaran.

1. Nastar

Nastar menjadi kue paling dicari dan hidangan wajib saat lebaran. Berbahan dasar tepung dan keju yang biasanya diberi isian selai nanas, stroberi, dan coklat. Nastar selalu menggugah selera penikmatnya dengan rasanya yang gurih.

2. Kastengel (Kue Keju)

Seperti namanya kue keju, kastengel berbahan dasar keju dan diberi taburan keju kering di atasnya. Rasanya seperti keju panggang. Setiap lebaran tiba, kue kastengel ini selalu ada hampir di setiap rumah.

3. Putri Salju

Kue kering yang berbentuk bulan sabit ini seperti namanya diselimuti dengan gula halus. Kue yang terbuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur menjadi hidangan yang juga selalu ada di atas meja rumah Anda saat lebaran tiba.

4. Kue Rambutan

Seperti namanya, kue rambutan ini merupakan kue berbentuk bulat yang dilumuri coklat dan dibaluti meses. Sama dengan kebanyakan kue lainnya, kue jenis ini juga pasti selalu Anda temukan dan disajikan saat momen lebaran.

5. Kue Sagu

Kue Sagu menjadi kue kering khas lebaran yang tidak terlupakan. Anda pasti akan menemukan kue ini saat melakukan kunjungan silaturahmi di momen lebaran. Teksturnya padat dengan rasa yang manis dan gurih. Kue ini pun kini memiliki banyak variasi yang kekinian.

6. Kue Semprit

Kue semprit terbuat dari mentega, tepung terigu, dan telur. Kue ini menggunakan cetakan khusus. Oleh masyarakat bentuk kue ini bermacam-macam seperti mawar atau lainnya. Ditambahkan dengan hiasan berupa kismis atau choco chips.

7. Lontong Paris

Lontong Paris ini merupakan kue yang dilumuri karamel kemudian dibaluti kacang yang dihancurkan. Kue ini tak jarang menjadi suguhan saat Anda melakukan anjangsana ke rumah saudara atau teman.

Itulah kue-kue kering yang selalu menjadi suguhan masyarakat pada umumnya saat lebaran. Selain itu, biasanya juga tersaji berbagai olahan kacang tanah, kacang mete, kue kaktus, dan masih banyak lagi kue lainnya. (a)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib