iklan zonasultra

78 Mahasiswa USN Kolaka Ikut Program Permata Sakti

78 Mahasiswa USN Kolaka Ikut Program Permata Sakti
USN KOLAKA - Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengirim 78 mahasiswanya untuk mengikuti Permata - Sakti 2020, program pertukaran mahasiswa tanah air nusantara sistem alih kredit dengan teknologi informasi. (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengirim 78 mahasiswanya untuk mengikuti Permata – Sakti 2020, program pertukaran mahasiswa tanah air nusantara sistem alih kredit dengan teknologi informasi.

Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Azhari mengatakan dengan program dari Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini dapat memperkaya pengetahuan dan pemahaman dalam bidang akademik. Mahasiswa akan memiliki pengalaman budaya dan kearifan lokal yang ada di wilayah barat dan tengah Indonesia.

Azhari berharap program Permata – Sakti 2020 dapat menciptakan kesetaraan dalam bidang akademik, sehingga tak ada lagi kesenjangan pemahaman dan pengetahuan antara mahasiswa di wilayah timur, tengah, dan barat Indonesia.

“Permata -Sakti bisa menjadi jembatan untuk mengurai kesenjangan pendidikan di tanah air saat ini,” ujar Azhari dalam penyambutan dan pelepasan mahasiswa peserta program tersebut secara virtual melalui aplikasi zoom, Kamis (1/10/2020).

Sementara itu, mewakili perguruan tinggi mitra wilayah tengah, Wakil Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan, Djagal Wiseso Marseno mengatakan tahun ini UGM menerima 570 mahasiswa pada program Permata – Sakti yang tergabung dalam tujuh mata kuliah. Enam mahasiswa diantaranya merupakan mahasiswa yang dikirim oleh USN Kolaka.

Djagal menuturkan program Permata – Sakti ini dimaksudkan agar mahasiswa bisa saling bertukar informasi dan ilmu pengetahuan, sehingga tercipta kesetaraan dalam mendapatkan pendidikan yang terbaik di Indonesia. Ia berharap walaupun ditengah pandemi Covid-19, mahasiswa tetap aktif dan kreatif dalam mempelajari keilmuannya.

“Semoga tahun depan USN Kolaka bisa mengirimkan mahasiswanya dalam jumlah yang lebih banyak lagi,” ujarnya.

Mewakili perguruan tinggi mitra wilayah barat, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Padang, Refnaldi mengatakan kerjasama ini ke depan bisa ditingkatkan lagi. Mungkin bukan hanya kerjasama pada program Permata – Sakti, tetapi juga pada program mandiri, penelitian, dan program lainnya.

Ketua Tim Program Permata – Sakti 2020 USN Kolaka, Sarmadan mengatakan jumlah mahasiswa outbound (yang dikirim) sebanyak 78 orang terdiri dari 28 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) program studi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, dan Kewarganegaraan.

Kemudian, 16 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) program studi Administrasi Publik dan Akuntansi, 9 mahasiswa Fakultas Hukum (FH) program studi Ilmu Hukum, 12 mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI) program studi Sistem Informasi, 8 mahasiswa Fakultas Pertanian, Perikanan, Peternakan (FPPP) program studi Agribisnis dan Teknologi Hasil Pertanian, 5 mahasiswa Fakultas Sains dan Teknik (FST) program studi Teknik Sipil dan Kimia.

Adapun perguruan tinggi mitra tujuan yaitu Universitas Airlangga (satu mahasiswa), Universitas Gajahmada Yogyakarta (enam mahasiswa), Universitas Sebelas Maret (satu mahasiswa), Universitas Jambi (dua mahasiswa).

Selanjutnya, UPN Veteran Jawa Timur (tiga mahasiswa), Universitas Negeri Malang (dua mahasiswa), Universitas Sultan Agung Tirtayasa (empat mahasiswa), Universitas Jember (empat mahasiswa), Universitas Negeri Semarang (enam mahasiswa),

Universitas Pendidikan Indonesia (empat mahasiswa), Universitas Tidar (sembilan mahasiswa), Universitas Lampung (enam mahasiswa), Universitas Negeri Padang (14 mahasiswa), dan Universitas Diponegoro Semarang (dua mahasiswa).

Sedangkan, sebanyak 59 mahasiswa inbound (yang diterima) USN Kolaka dari 13 perguruan tinggi mitranya mengambil mata kuliah Otonomi Daerah (Administrasi Publik), Hukum Pertambangan (Ilmu Hukum), Reklamasi dan Penutupan Lahan Tambang (Teknik Pertambangan), Sistem Pakar (Sistem Informasi), dan Ekonomi Mikro (Agribisnis).

Hadir didalam penyambutan dan pelepasan secara virtual, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud, Aris Junaidi, Wakil Rektor Bidang Akademik, Ruslin Hadanu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Vita Astini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Achmad Lamo Said, dan perwakilan perguruan tinggi mitra program Permata – Sakti 2020 serta mahasiswa. (B)

 


Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Rizki Arifiani

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib