Honda

8 WNA Ikut Upacara Bawah Laut di Wakatobi

8 WNA Ikut Upacara Bawah Laut di Wakatobi
UPACARA BENDERA- Pelaksanaan upacara di bawah laut Wakatobi dalam rangka memperingati HUT RI ke-74. (Foto By Amal)

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Sekitar 74 diver atau penyelam memeriahkan upacara bawah laut di Pantai Dinis Cemara Dive Center (DCDC), Desa Wapiapia, Kecamatan Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (17/8/2019).

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut itu diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi bersama Persatuan Usaha Wisata Selam Indonesia (PUWSI) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-74 dengan tema sumber daya manusia (SDM) unggul, Indonesia maju.

Tak hanya masyarakat setempat, sejumlah penyelam lokal dari luar Wakatobi dan dari mancanegara juga turut berpartisipasi dalam upacara bawah laut tersebut.

iklan zonasultra

Ketua panitia La Ode Amaluddin melalui Setiawan Jodi mengatakan dari 74 peserta upacara, 8 orang di antaranya wisatawan mancanegara yaitu 2 orang dari Polandia, dari Kanada 1 orang, Jerman 1 orang, Jepang 1 orang, Belanda 1 orang, dan dari Prancis 2 orang.

Baca Juga : Kepanasan, Peserta Upacara HUT RI di Konawe Bubar Sebelum Selesai

“Jadi wisatawan mancanegara itu 6 orang adalah peserta Sail 2019, 2 orang lainnya khusus datang dari Prancis untuk mengikuti upacara HUT RI yang ke-74,” katanya saat ditemui di Pantai DCDC.

8 WNA Ikut Upacara Bawah Laut di Wakatobi

Kedua wisatawan asal Prancis itu adalah Olie dan Eddie. Mereka mengatakan, kedatangannya ke Wakatobi khusus untuk mengikuti upacara bawah laut.

“Kami ke Wakatobi untuk mengikuti upacara bawah laut, karena tahun lalu ada rekan kami yang menyampaikan bahwa di Wakatobi pada peringatan HUT RI ada upacara di bawah laut, sehingga itu yang memotivasi kami untuk datang. Selain itu, kami juga memang ingin menikmati wisata bawah laut Wakatobi,” ungkapnya dalam bahasa Inggris usai upacara bawah laut di Pantai DCDC.

Sebagai informasi kegiatan ini juga diikuti oleh Profesional Diver Wakatobi, forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), pemda, Search And Rescue (SAR), peserta sail, Balai Taman Nasional Wakatobi (TNW), dan Non Goverment Organization (NGO). (A)

 


Kontributor : Nova Ely Surya
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib