iklan zonasultra

81 Terduga Pelaku Kerusuhan di Buton Ditangkap

81 Terduga Pelaku Kerusuhan di Buton Ditangkap
PELAKU KERUSUHAN - Sebanyak 81 orang terduga pelaku pembakaran 87 rumah yang mengakibatkan kerusuhan antar Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil ditangkap, Sabtu (8/6/2019). (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 81 orang terduga pelaku pembakaran 87 rumah yang mengakibatkan kerusuhan antar Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil ditangkap, Sabtu (8/6/2019).

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) AKBP Harry Goldenhardt saat dikonfirmasi mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan oleh aparat gabungan TNI-Polri saat melakukan penggerebekan di Desa Sampuabalo mulai pukul 07.30 sampai 09.30 Wita.

Baca Juga : Polisi Kantongi Identitas Terduga Dalang Kerusuhan di Buton

iklan zonasultra

“Iya, tadi pagi dari pukul 07.30 Wita sampai 09.30 Wita telah diamankan 81 pelaku pembakaran. Ke-81 pelaku sedang dalam proses pergeseran dari Buton menuju Kendari melalui jalur laut,” ungkap AKBP Harry Goldenhardt saat dihubungi awak Zonasultra melalui layanan WhatsApp, Sabtu (8/6/2019).

81 Terduga Pelaku Kerusuhan di Buton Ditangkap

Para terduga pelaku ini akan menjalani serangkaian pemeriksaan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sultra. Kata Harry, terduga dalang pembakaran ini diperkirakan tiba di Kendari pukul 15.00 Wita. Selanjutnya langsung akan dibawa menuju Mapolda Sultra

“Status 81 orang yang diamankan adalah masih terperiksa, nanti dari hasil berita acara pemeriksaan (BAP) yang akan dilakukan baru akan terlihat jelas peran dari masing-masing terduga pelaku yang diamankan,” tegas Harry.

Baca Juga : Pengungsi Akibat Kerusuhan di Buton Bertambah Jadi 1.062 Jiwa

Proses pergeseran sendiri akan dikawal ketat Brigade Mobile (Brimob) Polda Sultra. Saat ini satuan Brimob menuju ke Pelabuhan Amolengo, Konawe Selatan untuk menjemput 81 orang terduga pelaku pembakaran ini.

Akibat kerusuhan, dua orang meninggal dunia, puluhan lain mengalami luka-luka dan 87 rumah terbakar, serta 1.062 warga Gunung Jaya mengungsi di desa-desa terdekat di wilayah Kecamatan Pasarwajo.

Sebanyak 317 personel kepolisian dan 100 orang anggota TNI dari satuan Rider 700 Pangdam Hasanuddin Makassar diterjunkan untuk mengamankan lokasi kerusuhan. (a)

 


Kontributor : Fadli Aksar
Editor : Jumriati

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib