iklan zonasultra

90 Peserta Ikut Seleksi Tahap II Program Nusantara Sehat

SELEKSI TAHAP II - Kementrian kesehatan Nusantara Sehat menggelar seleksi tahap II penugasan khusus Nusantara Sehat dalam mendukung program Nusantara sehat di Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Poltekkes Kendari, Jumat (27/7/2018) pagi. (Mardin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA. COM, KENDARI – Kementrian kesehatan Nusantara Sehat menggelar seleksi tahap II penugasan khusus Nusantara Sehat dalam mendukung program Nusantara sehat di Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Poltekkes Kendari, Jumat (27/7/2018) pagi.

Tercatat, 90 peserta yang mengikuti seleksi tahap II penugasan khusus nusantara sehat yang akan berlangsung mulai 27-28 juli 2018.

Kepala bidang sumber daya kesehatan Kementerian Kesehatan, Harimat Hendrawan mengatakan, sebelumnya peserta melakukan tahap II yang pertama mereka harus mendaftar lewat email yang harus memenuhi syarat-syarat administrasinya. Pendaftarannya dilakukan melalui website yang di dalamnya terdapat pengisian administrasi yang harus di penuhi selanjutnya akan diseleksi secara administrasi dan jika telah lulus seleksi akan masuk pada tahap II

iklan zonasultra

“Kementrian kesehatan sejak tahun2015 menjalankan program nusantara sehat, dan di tahun2015 pihaknya mengirim angkatan pertama dan kedua,” terangnya.

Para peserta program nusantara sehat ini akan ditempatkan di daerah terpencil yang berada di daerah perbatasan.

” Nusantara sehat berbasis tim yang akan mengisi kekosongan puskesmas yang berada di wilayah terpencil seperti kepulauan yang memiliki kekurangan 8 jenis tenaga kesehatan yaitu dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga analis labiratorium, gizi, farmasi,” kata Harimat ditemui di PKM Poltekkes Kendari, Jumat, (27/7/2018).

Ia menambahkan, tim yang lolos seleksi akan diberikan pembekalan di Jakarta selama 35 hari yang akan diberikan materi mulai dari pengenalan terhadap puskesmas, kewirausahaan atau bela negara dan sebagainya

(Baca Juga : 48 Orang Tenaga Medis Nusantara Ditugaskan di 11 Puskesmas di Bombana)

” Karena kita tahu mereka akan ditempatkan di daerah yang tidak nyaman untuk mereka karena pasti akan ada tantangan hebat, dilihat dari cara mencapainya sendiri pasti agak sulit mungkin ada yang harus melewat jalan laut dengan gelombang yang luar biasa,” tuntasnya.

Di Jakarta nanti, mereka dibentuk dalam satu tim sehingga mereka bisa bekerja sama sebagai tim dengan rasa solidaritas yang tinggi. Kemudian setelah pembekalan mereka akan diantarkan ke lokasi untuk memulai pengabdiannya dengan kontrak 2 tahun.

“Nusantara sehat terbagi dua jenis ada berbasis tim dan individu. Berbasis individu baru diterapkan dari tahun lalu karena masih banyak puskesmas yang kekurangan dari 5 jenis tenaga kesehatan,” terangnya. (B)

 


Reporter : CR2
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib