iklan zonasultra

91 Kasus Baru Positif Covid-19 di Sultra Didominasi Warga yang Pulang Kampung

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sultra dr. La Ode Rabiul Awal
dr. La Ode Rabiul Awal

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Jumlah positif virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra) bertambah 91 kasus, Rabu (13/5/2020). Kasus baru ini tersebar di Kabupaten Bombana 60, 14 dari Kendari, 6 dari Wakatobi, Konawe 4, Konsel 3, Koltim 2, Kolaka Utara 1, dan 1 Warga Menui, Sulawesi Tengah.

Dari jumlah itu, warga yang pulang kampung atau pelaku perjalanan ke daerah mendominasi kasus positif Covid-19. Mereka yang mudik atau pulang kampung itu paling banyak menumpangi Kapal Motor (KM) Dorolonda dari Ternate, Maluku Utara, ke Bombana dan Kabupaten Wakatobi.

Warga yang pulang kampung ke Bombana sebanyak 59 orang dan sudah dinyatakan positif virus corona berdasarkan hasil swab atau sampel tenggorok. Sementara warga yang pulang kampung ke Wakatobi ada 6 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra, dr. La Ode Rabiul Awal mengatakan, 59 kasus di Bombana ini merupakan kasus susulan yang diawali dengan 4 kasus positif yang juga menggunakan KM Dorolonda.

“Mereka semua satu kapal, mungkin mereka terpapar semua di atas kapal saat perjalanan. Hanya empat orang ini yang diswab lebih dulu, lalu bertahap ke 59 orang ini,” ungkap dr La Ode Rabiul Awal saat ditemui di Posko Gugus Tugas Covid-19 Sultra, Rabu (13/5/2020).

Terhadap 59 warga positif di Bombana, gugus tugas tengah memikirkan untuk mengisolasi mereka di rumah sakit di Kendari atau tetap di rumah isolasi yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Bombana.

Total sebanyak 64 kasus di Kabupaten Bombana. Satu kasus lainnya merupakan klaster baru atau dengan istilah sporadis karena tidak jelas asal dan lokasi penularannya.

Sementara itu, empat kasus asal Kabupaten Konawe Selatan juga merupakan warga yang melakukan perjalanan ke daerah atau pulang kampung. (a)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib