iklan zonasultra

Abu Hasan Minta Pemprov Perhatikan Jalan Provinsi di Butur

Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan
Abu Hasan

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) agar memberikan perhatian lebih sejumlah jembatan dan ruas jalan provinsi di wilayah Butur yang mengalami kerusakan cukup parah.
Di antaranya poros Ereke-Baubau maupun Ronta-Maligano Kabupaten Muna.

Abu Hasan mengatakan, Pemkab Butur sedang berupaya membenahi ruas jalan dan jembatan di wilayahnya. Selain mengandalkan APBD kabupaten dan suntikan dana dari APBN (dana alokasi khusus), pihaknya juga berharap pembenahan jalan dan jembatan di Butur terus mendapatkan alokasi anggaran yang signifikan dari provinsi.

Baca Juga : Jalan Berdebu, Bupati Butur Desak Kontraktor Segera Pengaspalan

iklan zonasultra

“Itu akan menjadi akses masyarakat baik transportasi sosial maupun transportasi ekonomi,” kata Abu Hasan ditemui di kantor bupati belum lama ini.

Dia tak menampik perbaikan sejumlah ruas jalan provinsi di Butur sudah dilakukan. Namun, hal itu dinilainya belum maksimal. Puluhan kilometer jalan rusak yang terbentang masih menyisakan keluhan dari pengguna jalan.

“Dan saya akan terus meminta bapak gubernur (Ali Mazi) untuk segera menuntaskan, mengalokasikan anggaran yang signifikan untuk jalan provinsi,” tuturnya.

Abu Hasan menambahkan, pihaknya sangat mengharapkan kesungguhan Pemprov Sultra untuk memprioritaskan pembenahan jalan poros Ereke-Baubau dan Rona-Maligano.

Sebagai informasi, tahun 2018 Pemprov Sultra mengucurkan Rp14 miliar lebih untuk peningkatan jalan Lambale-Ereke (wilayah Mata Rombia) Butur, dengan panjang pengaspalan kurang lebih 6,67 km.

Baca Juga : Pemkab Butur Benahi Jalan di Wandaka, Dinas PUPR Ingatkan Perlunya Penyiraman

Tahun 2019, pemprov kembali mengalokasikan anggaran belasan miliar untuk empat paket peningkatan jalan di wilayah Butur. Keempat paket itu yakni peningkatan jalan batas Kabupaten Buton dan Butur-Bubu Kecamatan Kambowa, dengan pagu anggaran Rp4 miliar.

Kemudian, peningkatan jalan Bubu-Ronta Kecamatan Bonegunu dengan pagu Rp4 miliar; peningkatan jalan Ronta-Lambale Kecamatan Kulisusu Barat dengan pagu Rp2,9 miliar, dan peningkatan jalan Lambale-Ereke Kecamatan Kulisusu dengan pagu sebesar Rp4 miliar. (b)

 


Kontributor: Irsan Rano
Editor: Jumriati

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib