Tampilan Desktop



Abu Hasan Targetkan Semua Kecamatan di Butur Punya Rumah Adat
90 Dibaca

Bupati Butur: Kualitas Pendidikan Akan Ditingkatkan PERESMIAN – Bupati Buton Utara Abu Hasan meresmikan Rumah Al-Quran di Kecamatan Kulisusu Utara, Kamis (10/8/2017). Pada kesempatan itu, dia menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah akan terus meningkatkan kualitas pendidikan. (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (SUltra) Abu Hasan menargetkan seluruh kecamatan di wilayahnya akan dibangunkan rumah adat.

Hal itu Abu Hasan pada peresmian Rumah Al-Quran di Kecamatan Kulisusu Utara, Kamis (10/8/2017).

Dia menuturkan, pembangangnan rumah adat itu bukan tanpa alasan, karena itu akan digunakan oleh para pemuka agama, adat, maupun tokoh masyarakat untuk berembuk membicarakan hal-hal yang cukup strategis.

“Saya minta kepada camat, selain rumah Al-Quran, setiap kecamatan ada rumah adat, sehingga kalau ada pertemuan-pertemuan adat, tokoh-tokoh adat kita, tokoh-tokoh masyarakat kita, tokoh-tokoh agama kita, punya tempat berkumpul, punya tempat untuk menyatukan pikiran, pendapat, harapan, dan aspirasi,” ujar Abu Hasan.

Bupati menjelaskan, di Butur saat ini, rumah adat yang sudah terbangun baru ada di dua tempat, yakni di Kecamatan Kulisusu dan Kulisusu Barat. Ke depan, ia menargetkan untuk melakukan hal yang sama di Kulisusu Utara,Kambowa, Bonegunu, dan Wakorumba Utara.

Ia mengisahkan, dirinya pernah beberapa kali menghadiri acara adat. Dimana ia kerap menyaksikan hal-hal yang cukup menyedihkan baginya.

“Di beberapa tempat dulangnya (tempat makanan) itu disimpan di tanah, kita melantai, tokoh-tokoh agama melantai, ibu-ibu melantai di tanah,” kisahnya. (B)

 

Reporter: Irsan Rano
Editor: Abdul Saban

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com