iklan zonasultra

Air Terjun Andawe, Wisata Alam Tersembunyi di Konawe

Air Terjun Andawe, Wisata Alam Tersembunyi di Konawe

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Keindahan alam Sulawesi Tenggara (Sultra) memang tidak ada habisnya. Masih banyak bentangan alam yang belum banyak diketahui masyarakat.

Edisi kali ini tim zonasultra melakukan perjalanan menuju salah satu destinasi Air Terjun Andawe yang berada di Desa Matahori, Kecamatan Padangguni, Kabupaten Konawe.

Baca Juga : Wisata Air Terjun Tikuarau di Kolaka, Tingginya Mencapai 60 Meter

Dari Kota Kendari perjalanan menuju lokasi itu kurang lebih 98 km dengan jarak tempuh kurang lebih tiga jam, bisa menggunakan roda dua atau empat. Kemudian dari Unahaa, Anda dapat menuju ke arah Kecamatan Abuki.

Memasuki Kecamatan Padangguni hamparan persawahan akan memanjakan mata Anda sepanjang perjalanan titik Air Terjun Andawe. Biaya masuk ke lokasi ini adalah Rp5 ribu rupiah per kendaraan. Dari titik gerbang Anda dapat menggunakan motor untuk sampai ke Air Terjun Andawe. Akses jalan telah dibuka oleh pemerintah setempat.

Akan tetapi membawa kendaraan roda dua harus dipertimbangankan lebih dulu apabila cuaca dalam kondisi hujan, sebab medan jalannya berbatu dan berlumpur. Selain itu, terdapat sejumlah tanjakkan yang cukup terjal. Meski begitu, bagi Anda pecinta wisata esktrem bisa menjajal medan tersebut dengan spek kendaraan yang cocok. Untuk roda empat belum dapat melintas, sehingga harus berjalan kaki kurang lebih 2 km.

Air Terjun Andawe berada dalam kawasan hutan yang masih alami, aliran airnya begitu jernih dan dingin. Sebelum mencapai titik air jatuh, terdapat anak tangga dialiri air yang sengaja dibentuk untuk memperindah Kawsan wisata ini. Pemerintah Kabupaten Konawe tengah membangun tiga buah gazebo yang berada di bawah air terjun.

Air Terjun Andawe, Wisata Alam Tersembunyi di Konawe

Air terjun Andawe memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter, debit airnya cukup deras yang langsung jatuh dan memecah keheningan hutan. Sayangnya, tidak ada kolam pada sisi bawah air terjun sebagai tempat untuk bermain air, tak hanya itu ketinggian airnya juga cukup dangkal. Sehingga beresiko untuk kamu yang ingin melompat dari ketinggian untuk menikmati segarnya air terjun ini.

Sementara itu, bagi kamu yang hobi berfoto. Lokasi ini bisa menjadi tempat untuk mengabadikan momen untuk kebutuhan media sosial Anda. Selain suasananya yang masih alami, panorama air terjun Andawe juga tidak mudah didapatkan di Sultra, pasalnya bentangan air terjun di Sultra didominasi dengan air terjun bertingkat seperti yang sudah terkenal lebih dulu yakni Air Terjun Moramo, Konawe Selatan (Konsel).

Air Terjun Andawe, Wisata Alam Tersembunyi di Konawe

Nah, bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama teman, sahabat dan keluarga Air Terjun Andawe bisa menjadi pilihan list destinasi wisata untuk kamu dikunjungi. Selain biaya yang murah aksesnya juga cukup mudah.

Baca Juga : Air Terjun Wawondiku Konut, Wisata Alam Penguji Adrenalin

Sebelumya Air Terjun Andawe belum dikenal oleh waega luas. Karena posisi yang berada dalam hutan belantara di Kecamatan Padangguni, yang selama ini hanya dinikmati oleh warga setempat yang keseharianya mencari kayu atau rotan di hutan. Setelah dibukanya akses menuju ke titik tersebut, Air Terjun Andawe mulai dipadati pengujung.

Bagi warga yang berkunjung ke lokasi ini harus memperhatikan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah plastik di kawasan Air Terjun Andawe, ini demi keberlangsungan kawasan wisata tersebut. A

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Rosnia

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib