iklan zonasultra

Alhamdulillah, 73 Warga Positif Covid-19 di Kolaka Sembuh

Ilustrasi corona sembuh, covid 19 sembuh
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA– Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka mencatat jumlah warga yang sembuh dari Coronavirus Disease atau Covid-19 pada Kamis, 6 Agustus 2020 sebanyak 73 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka, dr Muhammad Aris mengatakan mereka telah dinyatakan sembuh dari virus ini setelah menjalani masa isolasi dan pemeriksaan swab kontrol sebanyak dua kali dengan hasil yang negatif.

Selain itu, Ketua IDI Kolaka ini, merilis lima kasus baru penambahan terkonfirmasi positif Covid-19. Kelima tambahan terkonfirmasi positif tersebut yaitu seorang laki-laki 28 tahun asal Pomalaa.

“Ia diketahui terkonfirmasi positif secara sporadis, ketika akan melakukan perjalanan keluar daerah. Saat melakukan rapid test, hasilnya reaktif, kemudian diambil sampel swab. Dan hasilnya positif,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Kamis (6/8/2020).

Kemudian, seorang perempuan 28 tahun asal Watuliandu, klaster puskesmas Kolakaasi. Seorang perempuan 17 tahun asal Pomalaa. Ia merupakan seorang siswa yang membentuk klaster pada salah satu SLTA di Pomalaa. Selanjutnya, seorang laki-laki 23 tahun asal Wundulako, kontak erat dengan terkonfirmasi positif sebelumnya.

Kendati demikian, keempat orang ini telah dinyatakan sembuh, karena terhitung sejak pengambilan sampel swabnya sudah melewati masa isolasi mandiri. Hal tersebut, sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 serta petunjuk teknis (juknis) revisi kelima. Sehingga, mereka tidak perlu lagi menjalani isolasi.

“Karena terjadi kerusakan alat PCR di RS Bahteramas, akhirnya sampel harus dikirim ke Makassar. Akibatnya, untuk mengetahui hasil pemeriksaannya membutuhkan waktu yang lama dan biasanya telah melewati masa isolasi mandiri,” ujarnya.

Sementara itu, terkonfirmasi positif lainnya yaitu seorang laki-laki 37 tahun asal Pomalaa. Ia merupakan pasien yang dirawat di Rumah Sakit Benyamin Guluh, karena menunjukkan gejala pemberatan yang mengarah ke Covid-19, ia lalu dirujuk ke Rumah Sakit Bahteramas untuk menjalani isolasi.

Dokter Aris menyebutkan secara total jumlah terkonfirmasi positif di Kabupaten Kolaka hingga saat ini sebanyak 77 orang. Kata dia, dua orang masih dirawat di RS Bahteramas, satu orang menjalani isolasi di RS Dr Ismoyo, serta satu orang meninggal dunia. Sedangkan, sebanyak 73 orang lainnya telah dinyatakan sembuh.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19, utamanya penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer. Mengingat penyebarannya yang belum juga berakhir hingga saat ini. (a)

 


Reporter: Sitti Nurmalasari
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib