iklan zonasultra

Ali Mazi Akan Usulkan Pasarwajo Jadi Jalur Wisata Dunia

Ali Mazi Akan Usulkan Pasarwajo Jadi Jalur Wisata Dunia
PEKANDE-KANDEA - Ali Mazi (kanan) bersama Bupati Buton La Bakry (kiri) saat mencicipi hidangan khas Buton pada acara kande-kandea, Sabtu (24/8/2019). Pekande-kandea merupakan rangkaian acara dari Festival Pesona Budaya Tua Buton. (Risno/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi berencana akan menjadikan Kabupaten Buton sebagai destinasi wisata budaya di Indonesia sehingga bisa menjadi jalur wisata dunia.

Untuk mewujudkan itu, dia berencana akan mengajukan proposal kepada presiden tahun ini. Katanya, rencana ini akan terealisasi tahun 2021.

Baca Juga : La Bakry Berharap Menteri Hadiri Festival Budaya Tua Buton

iklan zonasultra

“Pemerintah Provinsi (Sultra) akan mengajukan usul kepada presiden (Joko Widodo). Tahun 2021 Pasarwajo (ibu kota) akan menjadi tempat terakhir persinggahan para wisatawan dari Visit Wonderful Indonesia,” ujarnya, saat menghadiri puncak gelaran Festival Budaya Tua Buton 2019, di Lapangan Takawa, Buton, Sabtu (24/8/2019).

Agar cita-cita ini terwujud, kata Ali Mazi, pada tahun 2020 akan dibangun sarana prasarana pendukung. Salah satu yang ia sebutkan adalah pelabuhan pariwisata yang akan dibangun di Teluk Pasarwajo.

Baca Juga : Ritual Pedole-dole, Imunisasi Massal dalam Gelaran Festival Budaya Tua Buton

“Tahun 2020 pemerintah provinsi akan membangun sarana prasarana. Salah satunya membangun pelabuhan marina (khusus persinggahan kapal wisata) di Teluk Pasarwajo,” ungkapnya.

Ia juga meminta kerja sama pemerintah Kabupaten Buton agar menyediakan hotel untuk penunjang cita-cita tersebut. Hotel itu, kata Ali Mazi harus dikelola masyarakat. Hal lain yang diminta Ali Mazi yakni terciptanya masyarakat sadar wisata. (C)

 


Penulis : M6
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib