iklan zonasultra

Alumni Smansa Kendari Berikan Beasiswa kepada Siswa dan Anak Alumni

Alumni Smansa Kendari Berikan Beasiswa kepada Siswa dan Anak Alumni
BEASISWA - Alumni SMAN 1 (Smansa) Kendari angkatan 1995, yang tergabung dalam 95 Fondation (95F) memberikan beasiswa kepada sepuluh anak. (SRI RAHAYU/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Alumni SMAN 1 (Smansa) Kendari angkatan 1995, yang tergabung dalam 95 Fondation (95F) memberikan beasiswa kepada sepuluh anak. pemberian beasiswa terbagi dalam tiga kategori, yakni beasiswa bantuan, beasiswa berprestasi dan beasiswa umum.

Ketua Smansa 95 Fondation, Samsul Alam menjelaskan untuk beasiswa alumni 95 (BA95) sendiri, merupakan beasiswa yang diberikan khusus kepada anak kandung alumni SMANSA 95 yang orang tuanya sudah meninggal dunia. Beasiswa diberikan kepada anak para alumni, hingga lulus S1. Sejak berdiri pada tahun 2016 lalu, penerima BA95 sudah mencapai 18 orang.

Untuk beasiswa prestasi 95 (BP95), merupakan basiswa yang diberikan kepada siswa berprestasi SMAN 1 Kendari, masing-masing 1 orang untuk tiap tingkatan kelas. Hingga saat ini, penerima BP95 sudah mencapai 12 orang, dengan rincian 3 diantaranya telah luluis, serta 9 sisanya msih berstatus siswa. Untuk siswa berprestasi, penerimanya merupakan hasil rekomendasi dari pihak sekolah.

“Terakhir adalah beasiswa umum, yakni diberikan kepada anak kurang mampu. Untuk kali ini, ada 1 orang penerima beasiswa umum, yang merupakan rekomendasi dari anggota 95F,” kata Samsul, dalam konferensi pers di Taman Walikota Kendari, Sabtu (22/12/2018).

Adapun nominal yang diberikan sendiri, yakni sebesar Rp 1 juta /per orang, yang diterima tiap semester. Beasiswa sendiri, lanjut Samsul akan diserahkan Minggu (23./12/2018) di Tamkot Kendari, yang juga dirangkaikan dengan kegiatan Zumba dan Talkshow, yang akan dihadiri Plt Walikota Kendari, Zulkarnain Kadir, Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, serta Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sri Yastin.

Untuk diketahui, 95 Foundation sendiri adalah organisasi nirlaba yang didirikan tahun 2016 oleh alumni SMANSA angkatan 1995, dan telah terdaftar sebagai yayasan dengan akta notaris tahun 2017. Selain memberikan beasiswa, 95F juga aktif memberikan bantuan sosial lainnya, seperti Qurban, Santunan, serta infaq ramadan. Hingga Desember 2018, 95F telah mengelola dana pendidikan sebesar Rp 51 juta dan kegiatan sosial sebesar Rp 16 juta. (B)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib