iklan zonasultra

AMAN Kembali Unggul di 25 Desa dan Satu Kelurahan di Konut

AMAN Kembali Unggul di 25 Desa dan Satu Kelurahan di Konut
PILGUB SULTRA - Tim Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Utara saat memusnahkan 83 surat suara yang di nilai cacat sebelum di distribusikan ke TPS di saksikan pihak Kepolisian setempat. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Alimazi-Lukman Abunawas kembali mendulang suara di 25 desa dan satu kelurahan di Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Pasangan dengan akronim AMAN itu meraih suara sebanyak 1.989 suara diikuti paslon Asrun-Hugua 1.742 suara dan selajutnya paslon nomor urut 3, Rusda Mahmud-La Ode Sjafei Kahar sebanyak 1.089 suara.

Dari data hasil perhitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sultra periode 2018-2023 yang diperoleh awak media ini, jumlah suara di 25 desa 1 kelurahan itu tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Sawa dan Lembo dengan total 4.828 suara.

Untuk Kecamatan Sawa, terdapat 14 desa 1 kelurahan antara lain, Desa Puupi, Tudungano, Lalembo, Sawa, Ulu Sawa, Laimeo, Tanjung Bunga, Tongauna, Pudonggala, Matanggonawe, Panggulawu, Pekaroa, Pudonggala Utama dan Kokapi. Di wilayah itu, Paslon nomor urut 1 meraih 912 suara, di ikuti pasangan nomor urut 2, 834 suara dan nomor urut 3, 489 suara. Total pemilih 2. 235

Sedangkan untuk Kecamatan Lembo terdapat 11 desa antara lain, Desa Bungguosu, Watu Wula, Padaleu, Alo-Alo, Laramo, Tongalino, Taipa, Lapulu, Pusiambu, Pasir Putih dan Puulemo. Di zona itu, Paslon AMAN kembali melambung dengan menyabet 1.077 suara diikuti paslon akronim Berkah 908 suara dan paslon Rusda-Sjafei 600 suara dengan 2.585 surat suara.

Ketua Panwas Kecamatan (Panwascam), Wahyudin Makmur saat dikonfirmasi mengungkapkan, data hasil suara untuk wilayah kecamatan Sawa berdasarkan hasil formulir C 1 dan sertifitkat berita acara hasil perhitungan suara yang digelar.

(Baca Juga : Pilgub Sultra di Konut, AMAN Unggul di 12 Desa 1 Kelurahan)

Meski begitu, lanjut Wahyudin, dirinya mengakui untuk di lokasi pengawasannya tersebut banyak terdapat surat suara yang tidak sah dan masyarakat yang tidak menyalurkan hak suaranya di pesta demokrasi kali ini.

“Yang mencoblos 2.261 orang yang sah 2.235 suara, yang tidak sah 26 suara dan yang golput 564. Untuk soal money politik tidak ada temuan di lapangan, semua berjalan tertib dan lancar,”tukasnya.

Sebelumnya, di 16 desa 1 kelurahan wilayah itu, kandidat nomor urut 1 Alimazi-Lukman Abunawas (AMAN) juga melaju dengan perolehan suara 1.403 suara, menyusul paslon nomor urut 2, Asrun-Hugua 904 suara dan paslon nomor urut 3, Rusda Mahmud-La Ode Sjafei Kahar 694 suara. (B)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib