iklan zonasultra

Amankan Debat Pilgub Sultra, 1.025 Personel Polisi Dikerahkan

Sebanyak 1.025 personel polisi dikerahkan pihak Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk memastikan kelancaran pelaksanaan debat publik pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra periode 2018-2023 yang dihelat, Kamis (5/4/2018).
DEBAT PUBLIK - Tim Gegana Brimob Polda Sultra saat melakukan persiapan geladi pelaksanaan pengamanan debat publik antara Paslon Gubernur dan Wakil Gubenur Provinsi Sultra periode 2018-2023, Kamis (5/4/2018) di Grand Hotel Clarion Kendari. (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 1.025 personel polisi dikerahkan pihak Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk memastikan kelancaran pelaksanaan debat publik pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra periode 2018-2023 yang dihelat, Kamis (5/4/2018).

Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Sultra Komisaris Besar (Kombes) Polisi (Pol) Subnedih mengatakan, aparat kepolisian yang diturunkan berasal dari Polres Kendari sebanyak 300 personel dan Polda Sultra yang terdiri dari unit Penjinak Bom (Jibom), Tim K9 (satuan elit khusus satwa), Tim pengamanan objek vital dan Brimob sekitar 700 personel.

“Seluruh personel kita sebar ketitik yang sudah ditetapkan, salah satunya di posko pemenangan masing-masing paslon,” ungkap Subnedih, Kamis (5/4/2018) di lokasi debat.

Selain itu, mulai dari pintu masuk, loby, eskalator dan lift yang ada di Hotel Grand Clarion Kendari akan dijaga oleh tim kepolisian. Terutama lokasi yang menjadi tempat yang bakal dilalui masing-masing paslon.

(Baca Juga : Dua Ekor Anjing Pelacak Diturunkan Jelang Debat Cagub Sultra)

Ia menjelaskan, proses pengamanan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Polda Sultra beserta jajaran untuk menjaga suasana kondusif dan kelancaran dalam Pilkada 2018 ini. Apalagi, pelaksanaan debat publik yang akan disiarkan langsung pada pukul 20.00 WITA malam nanti merupakan salah satu rangkaian dari pesta demokrasi.

“Kita turunkan juga dua anjing pelacak, kami juga melakukan sterilisasi 3 jam sebelum pelaksanaan acara sesuai dengan ketentuan. Jadi sebelum acara dimuali suasana harus kondusif,” tukasnya.

Subnedih mengharapkan untuk seluruh tim dan simpatisan paslon agar menjaga keamanan bersama demi kelancaran kegiatan tersebut. Terutama untuk 300 simpatisan yang akan menyaksikan langsung acara debat.

“Simpatisan 300 dibatasi yang punya id card bisa masuk kalau tidak tidak boleh itu sudah ketentuannya, jadi yang tidak ada bisa nonton dirumah saja ya,” jelasnya.

Untuk diketahui, malam nanti tiga paslon Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN), Asrun-Hugua (Berkah) dan Rusda Mahmud-Sjafei Kahar (RM-SK) akan mengikuti debat publik yang disiarkan secara langsung salah satu stasiun TV swasta. Acara debat akan dipandu secara langsung oleh presenter Aviani Malik. (A)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib