Honda

Amankan Papua Barat, Polda Sultra Kirim 189 Personel Brimob

Amankan Papua Barat, Polda Sultra Kirim 189 Personil Brimob
POLDA SULTRA - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengirim dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau 189 personil Brigade Mobil (Brimob) untuk membantu Polda Papua mengamankan bentrok yang terjadi di Manokwari, Papua Barat pada Senin 19 Agustus 2019 lalu. (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Bentrok yang terjadi di Manokwari, Papua Barat pada Senin 19 Agustus 2019 kemarin, direspon oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan mengirim dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau 189 personil Brigade Mobil (Brimob) untuk membantu Polda Papua.

Pengiriman personel ini ditandai dengan apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Kepala Polda Sultra Brigjen Pol Iriyanto di pelataran usai apel di Mako Brimob Polda Sultra, Selasa (20/8/2019).

Tujuannya untuk mengecek sejauh mana kesiapan aparatnya, dalam melaksanakan tugas bawah kendali operasi (BKO) di Polda Papua Barat dalam Operasi Aman Nusa.

iklan zonasultra

Baca Juga : Amankan Penetapan Hasil Pemilu, Polda Sultra Kirim 201 Personel ke Jakarta

“Brimob Polda Sultra diminta oleh Mabes Polri untuk mengirimkan pasukan dua SSK Brimob ke Polda Papua. Memang kegiatan gelar pasukan ini mendadak, karena situasi di sana akibat kejadian di Jawa Timur dan di wilayah Polda Papua,” ujar Brigjen Pol Iriyanto.

Kata dia, beberapa waktu yang lalu Brimob Polda Sultra juga melakukan BKO ke Polda Metro Jaya, kurang lebih dari tiga bulan mereka diberangkatkan lagi ke Polda Papua. Iriyanto sendiri belum bisa memastikan berapa lama anak buahnya bertugas di bumi Cenderawasih nanti.

Baca Juga : Biddokes Polda Sultra Kirim 10 Tenaga Medis dan 2 Ambulance ke Palu

“Saya belum tahu, kita berharap situasi di sana secepatnya kondusif, terkendali dan terkontrol. Jika situasi sudah kondusif, terkendali dan terkontrol, saya yakin pasukan tersebut akan dikembalikan ke satuan asal,” pungkasnya.

Untuk diketahui, 189 personel Brimob ini terbagi dalam dua kloter. Pasukan pengamanan ini akan diberangkatkan secara bertahap siang dan malam hari dari Bandara Haluoleo Kendari menuju Sorong, Papua. (A)

 


Kontributor : Fadli Askar
Editor : Abdul Saban

1 KOMENTAR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib