Tampilan Desktop



Amirul Tamim : Rubah Nama Daerah Berarti Merubah Undang-Undang
93 Dibaca

(BACA JUGA : Ini Saran Amirul Tamim untuk Pemerintah Kota Baubau)

Anggota Komisi II, DPR RI, Amirul Tamim yang ditemui di ruangan kerjanya di gedung DPR RI, Senin (12/1/2015) menegaskan, pergantian nama daerah seperti yang diwacanakan tersebut tidaklah gampang seperti membalikkan telapak tangan. Banyak proses yang harus dilalui dari tingkat daerah hingga tingkat pusat. (BACA JUGA : Ini Saran Amirul Tamim untuk Pemerintah Kota Baubau)

“Tidak segampang itu merubah nama daerah,” tegas Amirul saat berbincang dengan awak zonasultra.com.

Dikatakannya, pembentukan Kota Baubau menjadi daerah otonomi baru saat melepaskan diri dari Kabupaten Buton sebagai daerah induk telah melalui proses yang cukup panjang. Dan yang patut diketahui, pembentukannya juga melalui Undang-Undang yang telah disepakati bersama di DPR RI, yakni UU No. 13 Tahun 2001. (BACA JUGA : Ganti Nama Daerah Harus Penuhi Tiga Unsur)

“Nama Kota Baubau itu dilembarnegarakan loh. Dan tidak gampang merubah lembar negara itu. Kalau Pemkot Baubau tetap bersikukuh untuk mengganti nama daerah secara otomatis juga merubah UU. Jika diibaratkan rumah, kita harus bongkar lagi dari pondasinya,” terangnya.

Mantan Walikota Baubau dua periode ini menambahkan, perlu diketahui juga, bahwa sebelum terbentuknya Kota Baubau melalui UU 13 tahun 2001 itu, nama Baubau sudah sejak lama ada dari zaman ke zaman. Bahkan saat masih tergabung dengan daerah induk, nama Baubau sudah disebut-sebut. (BACA JUGA : Pergantian Nama Kota Baubau, Wakil Ketua DPRD Baubau: Belum Urgen)

Sebagai bukti, seperti Pengadilan Negeri, Polres dan Kejaksaan yang menggunakan nama Kota Baubau, bukan nama Kota Buton yang disebut. “Buktinya, Pengadilan Negeri Kota Baubau, Polres Kota Baubau dan Kejaksaan Negeri Kota Baubau. Bukan, Kota Buton,” katanya mengingatkan. (Dian)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com