iklan zonasultra

Andi Nirwana Dulang Puluhan Ribu Suara di Bombana

Andi Nirwana Sebbu
Andi Nirwana Sebbu

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Proses rekapitulasi perhitungan suara untuk calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bombana telah tuntas sejak akhir pekan lalu.

Hasil rekapitulasi, dari 49 calon DPD yang bertarung menarget empat kursi, satu di antara mereka berjaya di wilayah Bombana dengan perolehan puluhan ribu suara. Calon itu bertarung dengan nomor urut 25 bernama Andi Nirwana Sebbu, yang tidak lain merupakan istri Bupati Bombana Tafdil.

Andi Nirwana mampu mendulang 53. 636 suara dan menyisakan 7. 531 suara untuk 48 calon DPD lainnya di Sultra.

iklan zonasultra

Koordinator Divisi Data KPU Bombana, Muhammad Safril mengatakan, kemenangan wanita dengan julukan pinkers itu merata di lima dapil Bombana pada 453 TPS yang tersebar di 22 kecamatan dan 143 desa/kelurahan.

Baca Juga : Kubu Jokowi dan Prabowo Apresiasi Penyelenggaraan Pemilu di Bombana

“Ada 68. 175 pengguna hak pilih untuk DPD RI di Bombana, suara sah sebanyak 61. 167 dan suara tidak sah sebanyak 7.008 lembar. Andi Nirwana berhasil menguasai suara di beberapa Kecamatan dengan perolehan 53. 636 suara ,” kata Safril di rumbia, Selasa (7/5/2019).

Safril merinci kemenangan Andi Nirwana yang unggul di Kecamatan Poleang dengan raihan suara sebanyak 8. 031 suara, Poleang Barat 6.606 suara, kemudian 5.849 suara di Poleang Utara dan 5. 730 di Poleang Timur. Sementara untuk wilayah Kecamatan Rumbia, Andi Nirwana unggul dengan perolehan 5. 707 suara dan menyusul kecamatan lainnya di kisaran 4.000 hingga 1. 500 suara.

“Tentunya kita melihat dari DPT (daftar pemilih tetap) terbanyak didominasi di wilayah Poleang dan pemekarannya. Yang jelasnya perolehan suara Andi Nirwana hampir merata di semua dapil di Bombana,” ungkapnya.

Sebelumnya, Andi Nirwana menyampaikan, dirinya maju sebagai calon DPD RI dapil Sultra atas beberapa alasan. Selain karena ingin memperhatikan pembangunan di daerah Bombana, ia siap menjadi jembatan bagi seluruh masyarakat di Sultra ketika diberi kesempatan menuju senayan, utamanya masalah pemekaran daerah otonomi baru (DOB). Andi Nirwana juga berniat bakal memperjuangkan hak-hak kaum perempuan atas maraknya kekerasan.

“Tentu jika saya berkesempatan duduk di DPD RI, saya tidak akan tinggal diam dengan permasalahan yang ada di Sultra, utamanya di Bombana. Belum lagi soal kekerasan terhadap perempuan dan anak yang mesti benar-benar diminimalisir,” pungkasnya. (B)

 


Kontributor: Muhammad Jamil
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib