iklan zonasultra

Anggota Satpol PP Baubau Jadi Tersangka Pemukulan Kader HMI

Kasat Reskrim Polres Kota Baubau, AKP Ronald Arron Maramis
AKP Ronald Arron Maramis

ZONASULTRA.COM,BAUBAU– Pemukulan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) oleh oknum anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) berbuntut panjang.

Kini Kepolisian Resort (Polres) Kota Baubau, telah menetapkan satu tersangka. Adalah DC, salah satu anggota Satpol PP Kota Baubau. Dia juga merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Seperti dijelaskan Kasat Reskrim Polres Kota Baubau, AKP Ronald Arron Maramis, ditemui di kantornya. DC ditetapkan tersangka setelah polisi memeriksa tiga orang saksi, dari Satpol PP dan kader HMI.

iklan zonasultra

“Hanya ada satu orang tersangka. Memang ada dua orang yang pukul dalam video yang kami analisa, tapi pelaku lainnya tidak dapat kami kenali, begitu pun para saksi,” ujar dia, Kamis (7/11/2019).

Pemukulan yang terjadi saat pelaksaan gerak jalan indah (GJI) memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 memang ada dalam rekaman video. Itulah yang menjadi barang bukti kepolisian.

Ronald menguraikan, dalam video berdurasi beberapa menit itu terlihat seorang anak sedang dipukuli oleh dua orang. Pada kondisi itu, anak yang dimaksud sedang dikerumuni orang banyak. Inilah sebabnya polisi hanya mengenali pemukul yang pakai seragam Satpol PP.

“Memang kalau di visumnya, terdapat banyak pukulan, tapi yang pukuli hanya dua orang,” terang dia.

Ronald juga membeberkan, hingga kini tersangka belum mengakui perbuatannya. Tersangka sendiri dijerat pasal 351 KUHP, tentang penganiayaan. Ancaman kurungannya paling lama dua tahun.

“Tersangka tidak kami tahan karena koperatif. Selain itu ada permintaan dari kantornya agar tidak ditahan,” imbuh Ronald.

Untuk diketahui, insiden pemukulan kader HMI oleh anggota Satpol PP Kota Baubau pada acara GJI tersebut terjadi pada 15 Agustus 2019. GJI sendiri diselenggarakan Pemerintah Kota Baubau dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73. (B)

 


Penulis : Risno Mawandili
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib