iklan zonasultra

Angin Kencang Rusak Rumah Warga di Batuputih Kolut

PUTING BELIUNG - Angin puting beliung menerjang di desa Lelewawo, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), provinsi Sulawesi Tenggara pada Jumat (29/3/2019) malam sekitar pukul 19.30 wita. Satu rumah, rata dengan tanah. (istimewa)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Angin kencang menerjang Desa Lelewawo, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara, Jumat (29/3/2019) malam sekitar pukul 19.30 Wita.

Satu rumah milik warga setempat bernama Akil (50) rata dengan tanah. Selain itu, rumah tetangga Akil yang juga adiknya, Sudirman (45) rusak terkena reruntuhan kayu rumah milik Akil. Kedua rumah ini letaknya sangat berdekatan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.


Menurut Sudirman, angin sudah bertiup sangat kencang sejak pukul 18.30 Wita. Ia bahkan sempat keluar rumah berjaga-jaga.

“Mobil saya langsung pindahkan juga dari garasi. Istri dan anak-anak saya ajak keluar di teras rumah,” kata Sudirman saat dihubungi, Jumat malam.

Angin Kencang Rusak Rumah Warga di Batuputih Kolut
Kondisi rumah Sudirman pasca terkena runtuhan kayu dari rumah saudaranya akibat angin puting beliung

Hembusan angin yang semakin kencang mulai menimbulkan kepanikan pada Sudirman maupun warga Desa Lelewawo lainnya. Dan akhirnya angin tersebut menerjang rumah Akil. Untungnya saat itu Akil dan keluarga sedang tidak berada di rumah.

“Kakak saya dua rumahnya. Kalau rumah yang roboh ini jarang dia tempati. Dia di luar tinggal dekat sekolah,” ungkap Sudirman.

Pengakuan Sudirman, rumahnya yang rusak terkena robohan kayu hanya di bagian dapur. Namun, sejumlah peralatan rumah tangga, sepeda motor, serta lemari kaca miliknya rusak berat. Selain itu, tembok dapur rumahnya juga retak.

“Kalau kerugian pribadi saya sekitar Rp10 juta. Kalau motor sudah tua, motor yang dipakai naik ke gunung. Tidak tahu berapa kalau kerugian kakak saya,” kata Sudirman.

Sudirman juga tidak bisa memastikan apa masih ada rumah warga lainnya di Desa Lelewawo ikut rusak akibat terjangan angin puting beliung.

“Saya tidak tahu dengan rumah yang lain karena mati lampu saat kejadian. Tapi yang saya tahu malam ini hanya rumah kakak dan dapur saya yang rusak,” ucapnya.

Angin Kencang Rusak Rumah Warga di Batuputih Kolut
ANGIN KENCANG – Angin Kencang yang menerjang Sebagian Wilayah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menyebabkan Pohon Langsat Tumbang di Desa Pundoho Kecamatan Kecamatan Pakue Utara menimpa pengendara sepeda motor yang sedang melitas pada jumat (29/3/2019) sekitar pukul 20:00 wita. (Rusman/ZONASULTRA.COM)

Tak hanya di Kecamatan Batuputih, angin kencang juga melanda wilayah Kecamatan Pakue Utara menyebabkan pohon langsat di Desa Pundoho tumbang dan menimpa pengendara sepeda motor yang tengah melintas, Jumat malam sekitar pukul 20.00 Wita.
Kapolsek Pakue Iptu Sainal Alimin membenarkan kejadian itu. Jardin (45) yang mengendarai Yamaha Mio DP 3847 GH tertimpa ranting pohon tumbang hingga terjatuh dari sepeda motornya.

“Korban mengalami luka robek pada dahi sebelah kanan dan luka ringan namun masih sadarkan diri, dan warga sekitar membantu evakuasi korban ke puskesmas,” kata Kapolsek, Sabtu (30/3/2019).

Pohon tumbang itu juga menimpa kabel listrik sehingga terjadi gangguan jaringan di wilayah itu, namun warga setempat telah menghubungi pihak PLN melakukan perbaikan. (b)

 


Kontributor : Samrul/Rusman
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib