iklan zonasultra

iklan zonasultra

Antisipasi Kecelakaan di Lokasi Wisata, SAR Wakatobi Buat Pos Siaga

Antisipasi Kecelakaan di Lokasi Wisata, SAR Wakatobi Buat Pos Siaga
SAR WAKATOBI - Anggota Pos SAR Wakatobi yang standby di posko siaga SAR khusus lebaran 2018, kantor pencarian dan pertolongan di pantai Cemara, desa Wapiapia, Kecamatan Wangiwangi. Sabtu, (16/6/2018).(NOVA ELY SURYA/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) melalui Pos SAR Wakatobi mendirikan posko siaga SAR khusus Lebaran 2018 kantor pencarian dan pertolongan di pantai Cemara, Desa Wapiapia, Kecamatan Wangiwangi.

Kepala pos SAR Kabupaten Wakatobi, Zulkifli mengatakan dengan adanya posko siaga itu diharapkan dapat mengantisipasi kecelakaan-kecelakaan yang terjadi di tempat wisata. Baik itu orang tenggelam ataukah orang hilang di sekitar lokasi wisata.

“Karena biasanya di lokasi yang padat seperti ini anak-anak rentan hilang, namun kita harapkan jangan sampai terjadi kasus,” ungkap Zulkifli saat ditemui di Pantai Cemara, Sabtu (16/6/2018).

Dijelaskan, posko itu dipusatkan di pantai Cemara karena di tahun-tahun sebelumnya pantai tersebut menjadi pusat wisata pasca Lebaran.

“Kita buat Posko disini memasuki H + 1 karena biasanyakan kalau setelah lebaran masyarakat fokusnya ke tempat wisata. Dan kita mengantisipasi orang yang berwisata membludak, jangan sampai terjadi insiden di tempat wisata, makanya kita sediakan posko pengamanan disini
bagi orang-orang yang berwisata,” jelasnya.

Sejauh ini, lanjut Zulkifli, belum ada kasus kecelakaan laut. Dan harapannya, jangan ada kasus atau kejadian yang tidak diinginkan.

Hingga hari ini, pengunjung di tempat wisata masih tergolong sedikit, namun, diperkirakan hari Minggu besok pengunjung ke tempat wisata itu akan membludak.

“Ini semua arahan dari pusat dan Kantor SAR Kendari, yang memiliki tiga pos siaga SAR yaitu di Bau-bau, Kolaka, Wakatobi dan satu pos unit SAR nya di Soroako. Serentak kita melakukan pengamanan yang difokuskan di tempat-tempat wisata,”terangnya.(B)

 


Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib