Apakah Membaca Al Quran Lewat Handphone Mendapat Pahala?

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ramadhan merupakan bulan Al Quran karena pada bulan inilah Al Quran diturunkan oleh Allah SWT. Salah satu amal ibadah yang sangat ditekankan untuk diperbanyak selama Ramadhan adalah membaca (tilawah) Al Quran.

Ustad Menjawab zonasultraSelain membaca ayat suci Al Quran dari mushaf, saat ini juga banyak yang memilih membaca Al Quran digital dalam bentuk aplikasi yang terinstal dari handphone karena lebih mudah dibawa kemana-mana.

Lantas bagaimana hukumnya membaca Al Quran dari handphone? Apakah pahalanya sama dengan membaca Al Quran dari mushaf?

iklan zonasultra

Kepala UPT Pendidikan Kerohanian UHO, Muamal Gadafi, S.Ag, M.Pd mengatakan, Islam adalah agama yang tidak anti terhadap perkembangan teknologi, sehingga tidak ada larangan untuk membaca Al Quran hanya di mushaf saja.

Seseorang yang membaca Al Quran, kata Gadafi, akan mendapatkan pahala baik dia membacanya dengan mushaf atau dengan handphone atau sarana yang lainnya.

“Sepanjang itu bermanfaat apapun sarananya, entah itu lewat mushaf ataupun lewat handphone tidak ada masalah dan pahalanya tetap sama,” kata Gadafi, Senin (13/6/2016).

Al Quran dalam bentuk aplikasi ini, kata Gadafi merupakan bid’ah hasanah, bid’ah yang baik, yang berfaedah dan untuk tujuan kemaslahatan.

Dengan adanya bid’ah hasanah, maka semakin mudah bagi kita untuk mempelajari Al Quran, untuk selalu membaca Al Quran dan untuk menghafal Al Quran. (B)

 

Penulis : Jumriati

2 KOMENTAR

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here