iklan zonasultra

iklan zonasultra

Apakah Membaca Al Quran Lewat Handphone Mendapat Pahala?

4730

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ramadhan merupakan bulan Al Quran karena pada bulan inilah Al Quran diturunkan oleh Allah SWT. Salah satu amal ibadah yang sangat ditekankan untuk diperbanyak selama Ramadhan adalah membaca (tilawah) Al Quran.

Selain membaca ayat suci Al Quran dari mushaf, saat ini juga banyak yang memilih membaca Al Quran digital dalam bentuk aplikasi yang terinstal dari handphone karena lebih mudah dibawa kemana-mana.

Lantas bagaimana hukumnya membaca Al Quran dari handphone? Apakah pahalanya sama dengan membaca Al Quran dari mushaf?

Kepala UPT Pendidikan Kerohanian UHO, Muamal Gadafi, S.Ag, M.Pd mengatakan, Islam adalah agama yang tidak anti terhadap perkembangan teknologi, sehingga tidak ada larangan untuk membaca Al Quran hanya di mushaf saja.

Seseorang yang membaca Al Quran, kata Gadafi, akan mendapatkan pahala baik dia membacanya dengan mushaf atau dengan handphone atau sarana yang lainnya.

“Sepanjang itu bermanfaat apapun sarananya, entah itu lewat mushaf ataupun lewat handphone tidak ada masalah dan pahalanya tetap sama,” kata Gadafi, Senin (13/6/2016).

Al Quran dalam bentuk aplikasi ini, kata Gadafi merupakan bid’ah hasanah, bid’ah yang baik, yang berfaedah dan untuk tujuan kemaslahatan.

Dengan adanya bid’ah hasanah, maka semakin mudah bagi kita untuk mempelajari Al Quran, untuk selalu membaca Al Quran dan untuk menghafal Al Quran. (B)

 

Penulis : Jumriati

2 KOMENTAR

  1. apa iya dibolehkan membaca alquran di aplikasi HP,..
    sedangkan “maaf”, kita ada chat sama temen yg bersifat kasar atau jorok, misalkan “kampang, anjing, babi,setan, dan segalanya,..
    dan disitu kita punya aplikasi alquran di HP kita, disaat kita lf membaca alquran, ada tmn kita di chat misalkan “wooi anjing dimana lo” ..
    contoh seperti itu,..
    dan ada lg di sosmed ada pemberitahuan contoh “gambat cewek telanjang”,..
    dan apakah masih bisa dibilang boleh kita meyimpan aplikasi alquran tersebut di HP kita,..
    mohon penjelasan nya,..

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib