APBD 2019 Butur Disetujui dengan Catatan

APBD 2019 Butur Disetujui dengan Cacatan
PARIPURNA - Penandatanganan Raperda APBD 2019 menjadi Peraturan Daerah oleh Wakil Bupati Butur, Ramadio bersama Ketua DPRD Butur, Muh. Rukman Basri Zakariah, Jumat (30/11/2018). (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Tiga Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara telah menyetujui rancangan peraturan daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 sebesar Rp 652 miliar. Namun DPRD juga memberikan sejumlah catatan yang menjadi bahan masukan kepada pihak eksekutif.

Hal itu disampaikan dalam pandangan akhir fraksi yang dibacakan oleh sekretaris gabungan komisi DPRD Butur, La Ode Asri Aziz dalam sidang Paripurna yang digelar hari Jumat (30/11/2018) kemarin.

iklan zonasultra

Fraksi Amanat Rakyat mengharapkan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) intens melakukan koordinasi dan konsultasi bersama legislatif terhadap keluhan-keluhan program pembangunan untuk memaksimalkan penganggaran dan program prioritas, serta menghasilkan kinerja yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara Fraksi Rakyat Bersatu menaruh harapan agar setiap OPD dalam mengelola APBD hendaknya mengacu pada prinsip efisiensi, efeksifitas dan disipilin anggaran yang tepat waktu dan tepat sasaran. Selain itu, penggalian potensi PAD, juga perlu dimaksimalkan, antaralain pada sektor UKM, ekonomi kreatif, dan BUMD.

Selanjutnya, Fraksi Kebangkitan Demokrat menghimbau eksekutif memaksimalkan penyerapan anggaran, serta menghasilkan kinerja pembangunan yang tepat guna kepada kepentingan masyarakat.

Selain itu, mereka juga meminta agar segala bentuk program kegiatan harus bersifat wajib, sehingga skala prioritas dalam penyusunan program pembangunan dapat dijadikan jaminan kepercayaan masyarakat Butur.

“Seluruh fraksi DPRD Kabupaten Buton Utara menerima dan menyetujui rancangan peraturan daerah tentang APBD Kabupaten Buton Utara tahun anggaran 2019 untuk ditetapkan menjadi Perturan Daerah Kabupaten Buton Utara,” tandas La Ode Asri Aziz.

Sementara itu, Bupati Butur Abu Hasan dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati, Ramadio mengapresiasi DPRD setempat yang telah menyepakati rancangan APBD 2019 tepat waktu.

Menurutnya, hal ini merupakan bentuk kerja nyata, komitmen dan kerja sama serta sinergitas antara pihak legislatif dan eksekutif, terhadap penyelenggaraan dan pembangunan daerah.

“Besar harapan kami, DPRD Kabupaten Buton Utara terus mendukung kebijakan pemerintah daerah, terus bersinergi dan bekerja sama, bergotong royong demi mewujudkan buton utara yang maju dan sejahtera,” ujarnya. (B)

 


Kontributor: Irsan Rano
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib