iklan zonasultra

iklan zonasultra

Aplikasi Mobile JKN, Mudahkan Peserta Akses Manfaat Layanan BPJS Kesehatan

Aplikasi Mobile JKN
Aplikasi Mobile JKN

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan aplikasi mobile JKN yang memudahkan peserta mengakses manfaat layanan BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari dr. Hendra J Rampos mengatakan, fitur mobile JKN dapat digunakan oleh peserta dalam mengakses layanan.

Ia menjelaskan di dalam aplikasi tersebut terintegrasi dengan berbagai fitur untuk kemudahan pelayanan bagi peserta. Sebutnya, layanan untuk pendaftaran, pembayaran, mengubah pelayanan primer, bahkan akses layanan ketika berada di luar daerah pun bisa didapatkan oleh peserta.

“Tersedia digital JKN-KIS, sama dengan kartu biasa tapi menggantikan dalam bentuk elektronik, itupun berlaku nasional,” jelasnya saat ditemui beberapa waktu lalu di Kendari.

Saat ini, kata dia, untuk mendapatkan manfaat BPJS Kesehatan orang tidak perlu membawa kartu fisik, cukup melalui aplikasi mobile JKN yang tersedia di ponsel.

Lebih lanjut Hendra menuturkan, setiap orang yang menjadi peserta JKN-KIS bisa menggunakan mobile JKN untuk mendapatkan pelayanan di seluruh Indonesia, sesuai ketentuan.

Menurutnya, di wilayah Kota Kendari berdasarkan data BPJS Kesehatan baru terdapat 3.500 pengguna. Olehnya itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi maupun promosi terkait penggunaan aplikasi mobile JKN.

Terlebih, peserta yang mengakses layanan di kantor sampai saat ini belum ada perubahan yang signifikan. Disebabkan aplikasi yang belum tersosialisasi dengan baik. Hingga tuntutan dan mindset masyarakat yang masih ingin memiliki kartu secara fisik.

“Jadi tetap kita jalani sama-sama sambil kita evaluasi, fitur ini maupun pelayanan di kantor kami akan kembangkan,” tutupnya. (B)

 


Reporter: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib