iklan zonasultra

Apparalang dan Marumasa, Wisata Tebing Bulukumba yang Memikat Hati

Apparalang dan Marumasa, Wisata Tebing Bulukumba yang Memikat Hati
MARUMASA- Pantai pasir putih Tebing Marumasa menjadi daya tarik tersendiri dari lokasi ini yang berbeda dengan Apparalang. Anda bisa berenang atau sekedar berfoto di sejumlah spot yang telah disediakan, Selasa (19/6/2018). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BULUKUMBA – Garis pantai Sulawesi Selatan (Sulsel) memiliki keindahan yang tidak kalah dengan wilayah lain di Indonesia Timur. Apalagi hamparan pasir putih dan birunya laut membuat wisatawan betah berlama-lama menghabiskan waktu liburannya.

Zonasultra.com kali ini berkesempatan mengunjungi dua lokasi wisata di Kabupaten Bulukumba yakni Tebing Apparalang dan Marumasa. Kedua lokasi ini berada di Kecamatan Bontobahari namun desa yang berbeda. Apparalang terletak di Desa Ara dan Marumasa di Desa Darubiah.

Apparalang dan Marumasa, Wisata Tebing Bulukumba yang Memikat HatiDari pusat Kota Makassar menuju ke Bulukumba dibutuhkan waktu normal perjalanan kurang lebih 4-5 jam melewati Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng.

Keindahan Apparalang tak perlu diragukan lagi. Birunya laut lepas dengan perpaduan degradasi warnanya menjadi ciri khas tempat ini. Selain itu, tebing batu krust menjulang tinggi ke atas sekitar 70-120 meter yang ditumbuhi puluhan jenis pepohonan menyerupai bongsai.

Pinggiran tebing Apparalang dipasangi kayu penahan atau titian yang menjadi area tracking bagi pengunjung agar mudah menelusuri setiap titik tebing. Lokasi titian ini menjadi salah satu tempat favorit para pengujung untuk selfie atau swafoto dengan background laut lepas.

Apparalang dan Marumasa, Wisata Tebing Bulukumba yang Memikat HatiNamun ada juga yang turun ke bawah tebing untuk menikmati spot jembatan kayu yang menghubungkan beberapa titik batu krust. Tak sedikit juga pengujung yang menguji adrenalinya dengan berenang atau meloncat dari ketinggian.

Anda perlu berhati-hati untuk masuk ke lokasi wisata ini karena akses jalan yang belum memadai (belum teraspal dan badan jalan kecil) serta untuk berjalan di titian tebing agar memperhatikan keselamatan. Biaya masuk ke wisata Apparalang Rp5.000 per orang di luar biaya kendaraan.

Apparalang dan Marumasa, Wisata Tebing Bulukumba yang Memikat Hati
Spot Bunga Matahari

Kemudian berlalu ke Tebing Marumasa. Lokasi wisata satu ini memiliki keindahan tersendiri dibanding Apparalang. Marumasa memiliki garis pantai dengan hamparan pasir putih. Sehingga Anda dapat berenang dan menikmati segarnya air laut.

Barisan rapi pohon kelapa menambah suasana eksotisme Marumasa. Saat ini tebing Marumasa dilengkapi dengan sejumlah spot menarik untuk berfoto dengan latar belakang laut serta pantai pasir putih.

Ada spot hamock, spot rumah, spot ayunan, spot bunga matahari, ada spot kupu-kupu serta spot kreatif lain yang membuat hasil foto Anda lebih menarik dan layak untuk diposting pada akun media sosial.

Apparalang dan Marumasa, Wisata Tebing Bulukumba yang Memikat Hati
Spot hamock

Biaya masuk ke lokasi ini sangat murah. Cukup dengan Rp5 ribu, pengujung sudah dapat menikmati seluruh spot yang ada.

Anda juga perlu berhati-hati berjalan di atas tebing karena batu krust yang runcing serta belum adanya titian penahan di sekeliling tebing Marumasa.

Nah bagi kamu yang berkunjung di Kabupaten Bulukumba tidak ada salahnya bermain dan menikmati keindahan Tebing Apparalang dan Marumasa. Selain indah biaya masuknya juga murah. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib