iklan zonasultra

iklan zonasultra

Arhawi Minta Industri Perikanan Dipusatkan di Wakatobi

42
Arhawi
Arhawi

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Bupati Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Arhawi minta agar industri perikanan dapat dipusatkan di daerah yang dipimpinnya itu.

Arhawi
Arhawi

Permintaan itu disampaikan Arhawi kepada Direktur Perizinan dan Kenelayanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Saifuddin saat menggelar kunjungan kerja di Wakatobi, Jum’at (22/12/2017) malam lalu.

Menurutnya, pemerintah pusat seharusnya memiliki pertimbangan agar Kabupaten Wakatobi menjadi daerah prioritas untuk didorong serta dikembangkan sebagai kawasan khusus sektor perikanan.

“Mengapa ini penting, karena hampir semua nelayan di yang ada di 17 kabupaten/kota di Sultra, rata-rata mencari ikan di wilayah Wakatobi,” jelas Arhawi.

Menanggapi hal itu, Direktur Perizinan dan Kenelayanan KKP, Saifuddin mengatakan, usulan Arhawi itu akan disampaikan ke kementrian.

Namun menurut Saifuddin, penetapan daerah sebagai kawasan industri perikanan harus didukung oleh kapasitas produksi yang memadai dan berkelanjutan, tidak stagnan atau menurun.

“Karena tidak mungkin industri hadir tanpa didukung produksi itu sendiri. Produksi itu bangkit karena mekanisme. Alat tangkap kita tingkatkan dulu, kapal kita datang kesini, kloster juga ada, pasti industri itu akan muncul sendiri,” pungkasnya. (D)

 

Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib