iklan zonasultra

iklan zonasultra

Armada Minim, Pelabuhan Pangulubelo Mandati Jadi Tempat Penumpukan Sampah

154
Armada Minim, Pelabuhan Pangulubelo Mandati Jadi Tempat Penumpukan Sampah
SAMPAH - Tumpukan sampah yang tertampung di area Pelabuhan Pangulubelo Mandati, Kecamatan Wangsel, Rabu, (16/5/2018). (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Seminggu terakhir ini, area kantor Syahbandar yang terletak di Pelabuhan Pangulubelo Mandati, Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel) menjadi tempat penumpukan sampah. Tentunya hal itu merusak pemandangan warga yang melintas di areal kantor Syahbandar.

Dikonfirmasi di kantornya Rabu, (16/5/2018), Kepala Syahbandar Wilayah kerja Wanci, Hamza mengatakan bahwa tumpukan sampah itu diangkut oleh petugas kebersihan dari laut. Lalu dinaikan ke pelabuhan, tapi hingga kini petugas kebersihan tidak kunjung diangkut.

“Kita berharap agar sampah di Pelabuhan Panggulubelo segera diangkut, sehingga menghilangkan kesan kumuh di Pelabuhan. Karena kita risih juga, namun sudah saya sampaikan kalau sudah di angkat dari laut supaya langsung ke kendaran pengangkut,”ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Jaemuna, menjelaskan, pihaknya belum dapat mengangkut sampah di areal kantor Syahbandar karena kendaraan operasional pengangkut sampah yang beroperasi sangat minim.

“Dari tiga unit kendaraan pengangkut, cuma satu yang beroperasi, karena dua kendaraan lainnya masih rusak berat. Sehingga mobil yang ada kita maksimalkan dulu untuk mengangkut sampah secara keseluruhan,” terangnya.

(Baca Juga : Gusur Pedagang Pasar Sentral Mandati, Pemda Wakatobi Dihearing DPRD)

Lanjut Jaemuna, pihaknya saat ini memang kekurangan sarana dan prasarana. Mobil rusak, hanya tinggal satu unit saja yang beroperasi, pagi di daerah Wandoka Raya, kalau siang di Kelurahan Pongo, kemudian di Mandati, sore di Pelabuhan Pangulubelo.

Diakuinya, sudah memantau masalah sampah yang ada di Pulau Wangiwangi namun masih terkendala sarana dan prasarana. Tapi dari segi personal sudah mumpuni.

“Kami sudah komunikasikan untuk pengadaan mobil pengangkut sampah yang baru dan sementara sudah ada di Kendari, menunggu untuk diangkut ke Wakatobi,”tandasnya. (B)

 


Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib